Punya Hubungan Mesra, Snapdragon 875 Eksklusif Hanya untuk Xiaomi

loading...
Punya Hubungan Mesra, Snapdragon 875 Eksklusif Hanya untuk Xiaomi
Xiaomi Mi 11 dikabarkan akan menjadi model eksklusif dengan Snapdragon 875 untuk jangka waktu tertentu. Foto/Ist
BEIJING - Jika Samsung Galaxy S21 menjadi smartphone pertama berbasis platform Snapdragon 875, maka Xiaomi Mi 11 akan menjadi ponsel China pertama yang berbasis Snapdragon 875. (Baca juga: Dendam Terbalas, Samsung Exynos 1000 Kandaskan Snapdragon 875)

Hal ini diumumkan oleh leakers asal China yang kebocorannya telah terkonfirmasi berkali-kali. Menariknya, setelah dirilis, Mi 11 akan menjadi model eksklusif dengan Snapdragon 875 untuk jangka waktu tertentu. Mengingat hubungan dekat Xiaomi yang sudah lama dengan Qualcomm, bocoran ini mudah dipercaya.

Giz China melaporkan, Qualcomm akan menyerahkan Snapdragon 875 untuk Xiaomi sebelum pabrikan ponsel lainnya. Tak heran, Xiaomi Mi 11 bakal eksklusif untuk pasar China untuk sementara waktu. Tapi berapa lama periode eksklusivitas ini akan menjadi pertanyaan besar.

Penayangan perdana Snapdragon 875 akan berlangsung pada awal Desember, ada kemungkinan Mi 11 akan diumumkan bersama dengan platform ini. Sebulan kemudian penjualan baru akan dimulai.



Belum ada detail spesifik tentang chipset SD875, tapi yang jelas ini adalah chipset berteknologi proses 5 nm. Dalam hal konfigurasi, Snapdragon 875 akan menyertakan satu inti Cortex-X1, tiga inti Cortex-A78 dan empat inti Cortex-A55.

Snapdragon 875G - Chip Baru?
Beberapa sumber mengatakan, Snapdragon 875G sangat mungkin menjadi SD875 Plus. Tetapi dibandingkan rutinitas sebelumnya (versi Plus sedikit meningkatkan kecepatan clock CPU dan GPU dibandingkan dengan versi reguler; menghasilkan peningkatan kinerja yang kecil), tingkat peningkatan akan lebih besar.

Jadi, ada banyak alasan untuk berpikir Qualcomm mungkin mulai merilis versi khusus dari chip andalannya yang berfokus pada game.



Samsung dikabarkan telah memulai produksi massal SD875 di jalur produksi di Korea Selatan menggunakan peralatan EUV. Ini akan menggunakan proses 5nm TSMC yang sama untuk menghasilkan Apple A14 dan Huawei Kirin 9000.

Selain prosesor Snapdragon-875, lini produksi proses 5nm Samsung juga akan mengontrak modem Snapdragon X60 dan Exynos 1000. (Baca juga: Bisa Apa Liverpool Tanpa Alisson dan van Dijk)

Snapdragon 875 mungkin memperkenalkan kombinasi inti super Cortex-X1 dan inti Cortex-A78 untuk pertama kalinya. Inti X1 yang baru dirancang memiliki efisiensi energi 30% dan 23% lebih tinggi daripada A77 dan A78. Dan kemampuan pembelajaran mesinnya juga lebih tinggi dari pada A78.
(iqb)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top