Facebook Luncurkan Kecerdasan Buatan untuk Terjemahkan 100 Bahasa

loading...
Facebook Luncurkan Kecerdasan Buatan untuk Terjemahkan 100 Bahasa
Facebook menciptakan perangkat lunak yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menerjemahkan 100 bahasa. Foto/Ist
MENLO PARK - Facebook terus berinovasi demi mempertahankanpopularitas media sosialnya. Yang terbaru, Facebook meluncurkan perangkat lunak yang dapat menerjemahkan 100 bahasa. (Baca juga: Mark Zuckerberg Disebut Biang Kerok Dibalik Permusuhan Trump dengan TikTok)

Raksasa teknologi besutan Mark Zuckerberg itu menciptakan perangkat lunak tersebut menggunakan kecerdasan buatan (AI). Dengan begitu, Facebook memiliki konten lebih baik dalam 160 bahasa di seluruh dunia.

Melansir laman Tech Explore, Selasa (20/10/2020), Asisten Peneliti Facebook, Angela Fan, menuturkan, model baru ini digadang lebih akurat daripada sistem lain. Alasannya, sistem tidak bergantung pada bahasa Inggris sebagai bahasa perantara penerjemahan.

"Misalnya saat menerjemahkan bahasa China ke Prancis, sebagian besar model yang ada menerjemahkan China ke Inggris, barulah Inggris ke Prancis. Karena data pelatihan bahasa Inggris adalah yang paling banyak tersedia," tutur Fan.



Pihaknya langsung melatih data bahasa China ke Prancis untuk mempertahankan makna dengan lebih baik. Sistem ini diklaim lebih unggul dibandingkan bahasa Inggris dengan 10 poin pada metrik BLEU, yang banyak digunakan untuk mengevaluasi terjemahan mesin.

Selain itu, pihak Facebook juga mengaku sudah mengerjakan rata-rata 20 miliar terjemahan setiap hari di feedback beritanya. Ke depannya, Facebook berharap sistem tersebut akan memberikan hasil yang lebih baik. (Baca juga: Cegah Kerusuhan saat Aksi Demo, Jalan Gajah Mada - Hayam Wuruk Resmi Ditutup)
(iqb)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top