Begini Cara Pesawat NASA Mengambil Contoh Batuan Asteroid Bennu

Rabu, 21 Oktober 2020 - 04:29 WIB
loading...
Begini Cara Pesawat NASA Mengambil Contoh Batuan Asteroid Bennu
Tampak ilustrasi OSIRIS-REx menggunakan pelacakan fitur alami untuk membandingkan gambar waktu nyata dari permukaan asteroid dengan kumpulan foto sebelumnya dan mengarahkan diri ke lokasi pengambilan sampel. Foto/NASA/Goddard/Universitas Arizona
A A A
HOUSTON - Pesawat luar angkasa NASA OSIRIS-Rex hari ini (Selasa , 20/10/2020), waktu AS, dijadwalkan meengambil sampel batu-batuan dari Asteroid Bennu untuk kemudian dibawa kembali ke Bumi. (Baca juga: Sibak Rahasia Tata Surya, NASA Jalani Mission Impossible Comot Batu Asteroid )

OSIRIS-REx adalah pesawat luar angkasa untuk pengambilan sampel asteroid pertama NASA. Upaya pengumpulan sampel "touch-and-go" (TAG) melibatkan serangkaian manuver yang akan membawa pesawat ruang angkasa turun ke permukaan asteroid.

Menurut NASA, Lokasi yang dipilih untuk touchdown atau mendarat disebut Nightingale. Ini merupakan daerah berbatu berukuran diameter 52 kaki (16 meter) dan terletak di belahan utara Bennu.

"Kami belum pernah melakukan ini sebelumnya," kata Nayi Castro, Manajer Operasi Misi untuk Misi OSIRIS-REx, dalam video dari NASA. "Kami sebenarnya akan mengumpulkan sampel dan membawanya kembali ke Bumi untuk pemeriksaan lebih lanjut oleh para ilmuwan," katanya seperti dilansir Live Science.

Untuk mencapai hal ini, pesawat luar angkasa telah mengorbit Bennu sejak 2018. Dia mempelajari asteroid dengan sangat detail, mencari tempat pendaratan yang optimal -lokasi yang cukup besar, relatif datar, dan tertutup material berbutir halus.

Untuk menemukan jenis area ini sangat menantang, menghasilkan sejumlah flybys dekat tambahan dan observasi untuk memilih lokasi sampel yang sesuai. Tim OSIRIS-REx mempertimbangkan lokasi potensial lainnya seperti Osprey, Kingfisher, dan Sandpiper sebelum memilih Nightingale, yang memiliki jumlah material berbutir halus besar.

Pesawat ruang angkasa OSIRIS-REx NASA akan melakukan tiga manuver terpisah untuk mencapai permukaan asteroid. Langkah pertama disebut pembakaran pos pemeriksaan, di mana pesawat ruang angkasa akan menembakkan pendorongnya untuk menyesuaikan posisinya relatif terhadap lokasi sampel Nightingale.

NASA menjelaska, ketika OSIRIS-REx mencapai perkiraan ketinggian 177 kaki (54 meter), manuver lain yang disebut pembakaran titik korek api akan memperlambat pesawat ruang angkasa turun dan menargetkan jalur agar sesuai rotasi asteroid pada saat terjadi kontak dengan Bennu.

Lengan pengambilan sampel robotik pesawat ruang angkasa, yang disebut mekanisme akuisisi sampel sentuh-dan-pergi (TAGSAM), kemudian akan melakukan kontak dengan permukaan Bennu selama kurang dari 16 detik sebelum kembali ke orbit. Saat bersentuhan dengan asteroid, salah satu dari tiga tabung nitrogen bertekanan akan terbakar, mengaduk sampel debu dan batuan kecil yang kemudian dapat terperangkap di kepala kolektor lengan dan disimpan untuk dikembalikan ke Bumi.

"Turun ke permukaan Bennu akan memakan waktu sekitar empat jam. Pesawat ruang angkasa akan menggunakan pelacakan fitur alami (NFT) untuk mengenali landmark selama turun dan memperbarui posisinya, jika perlu, untuk menavigasi di sekitar batu besar dan memastikan pendaratan aman di ruang yang relatif kosong," kata David Lorenz, Pemimpin kampanye TAG dalam video yang sama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1770 seconds (0.1#10.140)