Selama Pandemi, Lebih dari 50 Persen Penjualan Honda Dilakukan Online

Kamis, 22 Oktober 2020 - 10:32 WIB
loading...
Selama Pandemi, Lebih dari 50 Persen Penjualan Honda Dilakukan Online
Aktivitas penjualan dan pemasaran online menjadi cara bagi Honda untuk bisa tetap berjualan selama pandemi Covid-19.
A A A
JAKARTA - Pasar otomotif Indonesia masih terdampak dari pembatasan aktivitas konsumen serta tekanan ekonomi akibat pandemi. Namun, di akhir kuartal ketiga 2020, penjualan Honda menunjukkan tren positif dengan angka retail yang terus meningkat selama 4 bulan terakhir. Salah satunya, karena penjualan online. BACA JUGA:Ditanya Mobil Listrik, Honda: Kami Masih Pelajari

"Penjualan Honda baru 51 persen dibanding tahun lalu atau mengalami penurunan sebesar 49 persen. Namun, berlahan tapi pasti penjualan kami berangsur naik," ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy.

Billy tidak menampik bahwa perubahan pemasaran digital yang dilakukan PT HPM sejak awal tahun berdampak besar pada penjualan. Bahkan, lebih dari 50 persen penjualan Honda hingga September 2020 menurut Billy adalah secara online.

”Kami terus beradaptasi dengan behaviour konsumen untuk memasarkan produk,” ujar Billy. Untuk penjualan misalnya, Honda sudah mengoptimalkan platform daring yang ada di dealer mereka. Juga, menggandeng marketplace seperti Blibli.com.

Adapun untuk digital marketing, Honda memiliki program seperti Brio Virtual Drift Challenge yang aplikasinya telah diunduh 54 ribu kali. Sementara seri pertama kompetisi yang dihelat telah diikuti 3.600 peserta.

BACA JUGA:Perawatan Mobil Listrik Mahal? Hyundai Buktikan Sebaliknya

Lalu, ada Brio Virtual Modification #3 yang diikuti lebih dari 600 perserta.

"Honda Brio sangat diminati untuk first time buyer, yang mencapai 60-70 persen. Kontribusinya pada September silam mencapai 62 persen. Sempat juga menjadi model dengan penjualan tertinggi di Indonesia. Nah, kekuatan Brio yang terus kita gaungkan. Misalnya performa bagus, kabin lega, serta perawatan mudah dan hemat BBM," ujar Billy.

Selama Pandemi, Lebih dari 50 Persen Penjualan Honda Dilakukan Online

Brio Virtual Modificiation #3 jadi ajang yang ditunggu para modifikator virtual.

Dan yang terbaru adalah kampanye Sehat bersama Honda untuk konsumen agar mendapat harga spesial untuk perawatan mobil mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1775 seconds (0.1#10.140)