Astronot NASA Latihan Pakai Masker Biar Selamat Pulang ke Bumi

loading...
Astronot NASA Latihan Pakai Masker Biar Selamat Pulang ke Bumi
Chris Cassidy Astronaut NASA sedang berpose di dalam ISS menggunakan masker. Foto/Twitter/Chris Cassidy
HOUSTON - Tiga astronotakan kembali ke Bumi setalah enam bulan bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Ketiganya adalah astronot NASA Chris Cassidy dan dua kosmonot asal Rusia, Anatoly Ivanishin serta Ivan Vagner. (Baca juga: Habiskan Rp12 Triliun, OSIRIS-REx NASA Sukses Ambil Batuan Asteroid Bennu)

Karena akan kembali ke Bumi, Cassidy mengunggah foto dirinya memakai masker berwarna abu-abu. Hal itu dilakukan sebagai bagian dari persiapan menghadapi era Kenormalan Baru (New Normal) di Bumi akibat pandemik COVID-19.

"Menggunakan masker di @Space_Station! Melatih diri saya untuk (menghadapi) realitas baru saat sampai di rumah nanti pada hari Rabu, 21 Oktober," tulis Cassidy seperti dikutip dari situs CNET, Kamis (22/10/2020).

Aturan karantina yang ketat dan pemeriksaan kesehatan sebelum mereka berangkat, membuat semua awak yang telah terbang ke ISS dinyatakan bebas dari COVID-19.

Kendati demikian, hal ini mereka persiapkan untuk kembali ke Bumi. Sebab saat peluncuran pandemik COVID-19 sudah menghantam Amerika Serikat.



Beberapa penggemar luar angkasa mengomentari tweet Cassidy untuk mendoakan agar mereka bisa kembali ke Bumi dengan selamat. Ada juga warganet yang menyarankan untuk tetap di orbit sedikit lebih lama, sambil menunggu pandemik di Bumi mereda.

"Kamu yakin tidak ingin menundanya selama 1-12 bulan lagi?" kata salah satu pengguna Twitter bertanya.

NASA TV akan menyiarkan perjalanan pulang Cassidy, termasuk rencana pendaratan di Kazakhstan pada Rabu waktu setempat. Setidaknya mereka sudah akan siap untuk menghadapi dunia yang terjebak dalam pandemik yang sedang berlangsung. (Baca juga: Tangani Covid, Puluhan Pegawai Pemkot Bekasi Dijadikan Tenaga Medis)
(iqb)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top