Sama-sama Listrik, STNK Viar Q1 Lebih Mahal dari Gesits

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 10:40 WIB
loading...
Sama-sama Listrik, STNK Viar Q1 Lebih Mahal dari Gesits
Dua motor listrik, Viar Q1 dan Gesits kini sudah dijual di bebas di Indonesia. Foto / Mobil-mewah.net
A A A
JAKARTA - Sama-sama motor listrik, biaya pembuatan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) Viar Q1 justru malah lebih mahal dibandingkan dengan pembuatan STNK motor listrik Gesits. Perbedaan pajak kendaraanbermotor (PKB) pun berbeda. PKB Viar Q1 lebih mahal dibandingkan PKB Gesits.

Hal itu didapat dengan membandingkan STNK kedua motor yang ada. STNK Viar Q1 didapat melalui salah satu situs berita otomotif Ibu Kota, sementara STNK Gesits didapat dari unggahan influencer Ridwan Hanif di akun Instagram miliknya yang baru saja membeli Gesits. Dari situ terlihat pembuatan STNK Viar Q1 menghabiskan biaya sekitar Rp523.000. Sementara pembuatan STNK Gesits justru hanya menghabiskan biaya sekitar Rp306.000. (Baca juga : Edan, Produsen Mobnas Vietnam Sukses Uji Coba Bus Listrik )



Sama-sama Listrik, STNK Viar Q1 Lebih Mahal dari Gesits

Biaya STNK Viar Q1 mencapai Rp523.000.

Yang membedakan antara keduanya memang adalah Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Jika Viar Q1 dikenakan pajak kendaraan bermotor Rp280.000 maka pajak kendaraan bermotor Gesits hanya Rp63.000. Sisanya semuanya sama mulai dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalulintas (SWDKLLJ) yang Rp83.000, Biaya Admin STNK di harga Rp100.000 hingga Biaya Admin TNKB yang juga sama-sama Rp60.000. Untuk BBNKB kedua motor listrik dibebaskan dari biaya karena memang masuk dalam kategori kendaraan ramah lingkungan alias motor listrik. Kendaraan ini dibebaskan pajak BBNKB atau 0 persen berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 3 tahun 2020.

Lalu kenapa biaya STNK nya begitu kontras? Memang tidak diketahui kenapa itu bisa terjadi. Biasanya penghitungan pajak kendaraan bermotor dihitung berdasarkan dua perhitungan pokok yakni Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dan bobot kendaraan. Dalam hal ini bobot mencerminkan tingkat kerusakan jalan atau pencemaran lingkungan akibat penggunaan Kendaraan Bermotor secara relatif. Dalam hal kendaraan konvensional, semakin besar mesin yang digendong, maka semakin besar pajak yang dikenakan. (Baca juga : Torsus Bikin Bus Sekolah Monster Siap Perang dan Berpetualang )



Sama-sama Listrik, STNK Viar Q1 Lebih Mahal dari Gesits

Biaya STNK Gesits mencapai Rp306.000

Sekarang bandingkan baterai yang dimiliki kedua motor listrik itu. Gesits menggunakan baterai Li-Ion NCM 72V 20Ah sedangkan Viar Q1 dilengkapi dengan baterai Li-Ion 60v 20Ah. Untuk bobot, Viar Q1 memiliki bobot 78,5 kg, Gesits memiliki bobot 94,5 kg. Soal bobot malah terlihat nyata karena keduanya memang memiliki ukuran yang begitu kontras. Viar Q1 terlihat imut-imut sementara Gesits justru seperti skuter matik yang banyak ditemukan di jalan.

Untuk harga Gesits bisa dibawa pulang dengan harga Rp27,5 juta sementara Viar Q1 dibanderol di harga Rp18,95 juta. Bahkan harga Viar Q1 dikabarkan turun karena adanya pembebasan pajak BBNKB oleh Pergub DKI Jakarta. Yang pasti dari perbedaan biaya STNK, Viar Q1 memang lebih murah, cuma pajak tahunannya lebih mahal. Sementara Gesits harganya lebih mahal cuma pajak tahunannya lebih murah.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1420 seconds (0.1#10.140)