Ilmuwan Menemukan Jurus Ampuh Cegah Covid-19 di Kelas

loading...
Ilmuwan Menemukan Jurus Ampuh Cegah Covid-19 di Kelas
Distribusi kecepatan vektor di tengah ruang kelas. Aliran udara di dalam ruangan digerakkan oleh sistem pendingin udara. Kredit : Khaled Talaat
Penelitian terbaru menyebutkan bahwa membuka jendela dan memasang layar kaca di depan meja siswa dapat meminimalisir penyebaran virus Covid-19 di ruang kelas. Penelitian ini telah diterbitkan dalam Jurnal Physics of Fluids.

Peneliti di Universitas New Mexico, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa kecepatan aliran dan ukuran partikel adalah kunci dalam penyebaran aerosol. Aerosol adalah salah satu partikel penyebar virus Covid-19 yang dilepaskan saat menghembuskan napas, berbicara, batuk, atau bersin.

Untuk membuktikan hal tersebut, para peneliti menggunakan komputasi dinamika partikel fluida untuk mengeksplorasi penyebaran aerosol dalam model ruang kelas ber-Air Conditioner (AC). Mereka menemukan bahwa membuka jendela dapat meningkatkan kemungkinan keluarnya pecahan partikel dari ruangan hingga mencapai 40%.

Baca juga :Nadiem: Banyak Guru Sudah Positif Covid-19 Sebelum Sekolah Dibuka



Keluarnya pecahan partikel akan mengurangi transmisi aerosol yang mungkin terjadi antara siswa di ruangan kelas. Ini berarti kemungkinan untuk tertular Covid-19 di dalam kelas cukup kecil.

"Hampir 70% partikel 1-mikron yang dihembuskan keluar dari ruangan ketika jendela terbuka," kata Khaled Talaat, peneliti dari Universitas New Mexico.

Talaat juga menyebutkan bahwa distribusi aerosol di dalam ruangan tidak seragam karena dipengaruhi oleh ada atau tidaknya AC serta sumber aerosol. AC bisa menghilangkan hingga 50% partikel yang dilepaskan saat manusia menghembuskan napas dan berbicara di dalam kelas.



Meski begitu, sisa partikel yang dikeluarkan akan menempel ke permukaan di dalam ruangan dan dapat terbang kembali ke udara. Aliran udara mempengaruhi transmisi partikel dalam jumlah yang cukup signifikan meskipun jarak antara siswa sudah dipisah sejauh 2,4 m.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR ANDA
Top