Robot Pemadam Kebakaran Resmi Diperkenalkan Di Los Angeles

loading...
Robot Pemadam Kebakaran Resmi Diperkenalkan Di Los Angeles
Thermite RS3 adalah bobot pemadam kebakaran pertama di Amerika Serikat. Kredit : LAFD oleh Gary Apodaca
Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles telah memiliki anggota baru yakni robot pemadam kebakaran yang dikenal dengan nama Thermite RS3. Robot ini dapat dikendalikan dari jarak jauh dan mampu memompa ribuan air galon per menit.

Thermite RS3 diproduksi oleh perusahaan robotika yang berbasis di Maine yaitu Howe & Howe Technologies. Perusahaan ini cukup dikenal karena sering menciptakan berbagai teknologi dalam dunia kemiliteran.

Mengutip dari Newatlas, Thermite RS3 memiliki berat 1.600 kg dan bergerak dengan kecepatan 12,9 km/jam. Robot ini didukung dengan mesin diesel 36 HP yang mampu beroperasi selama 20 jam operasi tanpa henti.

Selain untuk memadamkan api, robot juga dilengkapi dengan bamper yang terbuat dari baja. Tujuannya adalah untuk menghalau rintangan didepannya agar mudah saat melintas.



Perusahaan pembuat robot menambahkan selang sepanjang 91 meter agar jangkauan yang dimiliki lebih maksimal. Selang panjang itu tidak menjadi hambatan bagi Thermite RS3 untuk memompa 2.500 air galon per menitnya.

Baca juga :Truk Pemadam Kebakaran Listrik Pertama Siap Taklukkan 'Si Jago Merah'

Pengguna atau operator dapat mengontrol robot dari jarak jauh menggunakan remot yang telah disediakan oleh penyedia. Jarak menjadi bagian penting dalam keselamatan tim pemadam saat memadamkan api di area berbahaya.



Departemen Pemadam Kebakaran LA secara resmi memperkenalkan Thermite RS3 pada konferensi pers beberapa waktu lalu. Robot tersebut telah dibawa ke tempat kejadian dengan anggota pemadam kebakaran yang sudah terlatih.

Departemen itu mencatat bahwa robot tidak akan cocok untuk semua jenis tugas. Namun, robot sangat berguna untuk melakukan tugas di lokasi konstruksi berbingkai kayu, kebakaran hutan, penyelamatan hewan, dan kebakaran kapal tanker bahan bakar.
(fan)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top