Panduan Lengkap Cara Membuat Google Classroom di Komputer dan Ponsel

loading...
Panduan Lengkap Cara Membuat Google Classroom di Komputer dan Ponsel
Google Classroom memungkinkan Anda mengunggah dan menjadwalkan tugas yang muncul di kalender digital siswa, dan secara transparan menilai tugas menggunakan rubrik terintegrasi. Foto/Business Insider/SOPA Images/Getty Images
Jika Anda mengajar kelas dari jarak jauhdan organisasi atau perusahaan memiliki akun Google Workspaceatau G Suite untuk Pendidikan, maka Anda dapat menggunakan platform Google Classroom untuk membantu tetap terhubung dengan para siswa. (Baca juga: Sejumlah Layanan Google Down Tadi Pagi, Termasuk Meet, Drive dan Classroom)

Google Classroom memungkinkan Anda mengunggah dan menjadwalkan tugas yang muncul di kalender digital siswa, dan secara transparan menilai tugas menggunakan rubrik terintegrasi dan laporan keaslian untuk menghindari plagiarisme. Anda juga dapat berkomunikasi dengan wali siswa secara langsung, memperbarui pengumuman kelas baru secara digital, atau bertemu dengan siswa secara langsung melalui Google Meet.

Tetapi sebelum Anda dapat melakukan semua itu, Anda harus meluncurkan kelas. Kita dapat membuat ruang kelas di desktop atau perangkat seluler melalui akun G Suite yang terkait dalam beberapa langkah cepat.

Dilansir Business Insider, supaya seseorang mendapatkan akses ke Classroom (Kelas), Anda harus mengundang mereka satu per satu atau membagikan kode kelas. Fitur ini ditemukan di lokasi yang sedikit berbeda pada desktop dan iPhone.



Beberapa pengguna mungkin hanya diizinkan untuk bergabung dengan kelas, sementara yang lain masuk melalui akun Google Workspace mungkin perlu menghubungi administrator untuk mendapatkan izin membuat kursus. Jika Anda memerlukan bantuan untuk masuk ke Google Classroom, lihat "Cara masuk ke Google Kelas".

Dengan penyiapan Classroom, Anda dapat mengajar di sekolah, di rumah, atau saat dalam perjalanan.

Cara membuat Google Kelas di komputer:
1. Buka browser web dan buka classroom.google.com.
2. Klik pada tanda "+" di kanan atas.
3. Pilih "Buat kelas" dari menu tarik-turun.
Panduan Lengkap Cara Membuat Google Classroom di Komputer dan Ponsel

Ini akan memulai proses pembuatan kelas Anda. Foto/Business Insider



4. Sebuah jendela akan muncul meminta Anda untuk memberi nama kelas dan mengisi bidang lain seperti "Bagian", "Subjek," dan "Ruangan." Isi itu.
Panduan Lengkap Cara Membuat Google Classroom di Komputer dan Ponsel

Anda harus memberi nama kelas untuk membuatnya, tetapi bidang lainnya bersifat opsional. Foto/Business Insider
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR ANDA
Top