Volcon Grunt, Motor Listrik Offroad yang Bisa Berenang

loading...
Volcon Grunt, Motor Listrik Offroad yang Bisa Berenang
Volcon merilis motor listrik Volcon Grunt dengan sertifikasi IP6 yang artinya bisa dipakai di kedalaman air. Foto / Volcon
JAKARTA - Perusahaan motor asal Texas, Volcon merilis sebuah motor listrik off-road segala medan yang diklaim bisa berenang, Volcon Grunt. Mesin motor yang sepenuhnya digerakkan oleh baterai itu memiliki sertifikasi IP67 yang artinya anti-air.

Berkat sertifikasi IP67, Volcon Grunt bisa digunakan selama 30 menit di air dengan kedalaman 40 inci tanpa khawatir akan terjadi kerusakan.Hanya saja bukan berarti motor ini benar-benar bisa digunakan untuk menjelajah di dalam danau atau sungai.

Diketahui IP adalah singkatan dari International Protection alias perlindungan internasional. Standar sertifikasi ini disusun dan dibuat oleh International Electrotechnical Commission (IEC). Selanjutnya angka 6 digunakan sebagai penanda bahwa benda dengan sertifikasi itu tahan terhadap debu, pasir atau pertikel sejenisnya. Terakhir ada kode angka dimana angka 7 digunakan sebagai indikator bahwa smartphone tersebut tahan terhadap serangan air dan sanggup menyelam di kedalaman 1 meter selama 30 menit. (Baca juga : Butuh Tiga Tahun Malaysia Hadirkan Mitsubishi Xpander, Kenapa?)

Volcon Grunt, Motor Listrik Offroad yang Bisa Berenang




Yang pasti untuk melibas banjir yang sangat dalam seperti yang sering terjadi di Indonesia, Volcon Grunt bisa melaluinya tanpa masalah. Kemampuan inilah yang membuat Volcon Grunt terlihat begitu berbeda dibandingkan motor penjelajah lainnya yang ada saat ini.

Kemampuan jelajah motor ini di alam bebas juga tidak perlu diragukan lagi. Motor listrik offroad ini mampu menempuh jarak 160 kilometer dengan keadaan baterai terisi penuh. Jika baterai sudah habis, Volcon menyediakan baterai cadangan untuk pengganti. Tentunya hal itu sangat berguna jika pemiik motor listrik offroad itu tengah berpetualang di alam bebas yang tidak mudah menemukan colokan listrik.

Untuk masalah mengisi ulang baterai, Volcon memberikan kemudahan buat pemilik karena bisa dicolok dengan tipe colokan listrik apa pun. Jadi pemili motor listrik offroad itu tidak kerepotan harus mencari colokan listrik yang sesuai. Untuk mengisi ulang hingga keadan baterai terisi penuh, Volcon mengklaim hanya butuh waktu 2 jam. (Baca juga : Antrean Panjang, GMC Ancam Dealer yang Mainkan Harga Hummer EV)



Dari segi desain Volcon Grunt memang terlihat kompak. Hanya saja motor ini menggunakan ban offroad berukuran 12 inci. Kehadiran ban raksasa untuk sebuah motor itu akan memudahkan pengendara Volcon Grunt melewati berbagai medan di alam bebas. Volcon menjual motor ini dengan harga USD5.995 atau setara Rp86,6 juta.
(wsb)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top