IPhone 12 Lulus Uji Banting karena Dipersenjatai Perisai Keramik

loading...
IPhone 12 Lulus Uji Banting karena Dipersenjatai Perisai Keramik
Ceramic Shield pada iPhone 12 series membuat smartphone Apple ini lulus uji ketahanan ponsel oleh beberapa penguji. Foto/Giz China
JAKARTA - Salah satu fitur dari iPhone 12 series adalah Ceramic Shield yang khusus dikembangkan oleh Gorilla Glass menggunakan kristal nano-ceramic. (Baca juga: Dimutilasi, Jeroan Ungkap Baik dan Buruknya iPhone 12)

Menurut Apple, lapisan ini memiliki ketahanan jatuhempat kali lebih baik dari sebelumnya. Perusahaan mengklaim ini adalah kaca paling tahan lama yang digunakan di smartphone.

Salah satu yang pertama menguji daya tahan iPhone 12 dan iPhone 12 Pro adalah pemilik saluran YouTube populer, EverythingApplePro. Saat dijatuhkan dari ketinggian pinggang di berbagai sisi casing, kedua perangkat hanya tergores sedikit, tapi tidak ada yang kritis.

Hasil serupa ditemukan saat handphone dijatuhkan dari ketinggian kepala. Tetapi beberapa piksel rusak muncul di iPhone 12 Pro.

Setelah itu, sang YouTuber naik ke ketinggian sekitar tiga meter. IPhone 12 standar tidak memiliki kerusakan yang jelas, tapi setelah diperiksa ternyata kameranya berhenti bekerja.



Giz China menyebutkan, iPhone 12 Pro yang lebih mahal selamat dari "kecelakaan" itu tanpa masalah. Selanjutnya, kedua smartphone terlempar dari ketinggian yang sama dengan cover belakang diturunkan; yang dalam kedua kasus tersebut mengakibatkan pecahan kaca.

Dalam hal ini, kaca depan tetap utuh. Hanya setelah menjatuhkan layar ke bawah, iPhone 12 Pro masih memecahkan kaca keramik. Namun iPhone 12 lulus tes ini. YouTuber sangat terkesan dengan ketangguhan smartphone baru tersebut.

YouTuber TechRax memutuskan untuk membandingkan kekuatan iPhone 12 dan iPhone 11. Kedua smartphone selamat dari penurunan pertama dengan kerusakan minimal pada bingkai aluminium. Ini diikuti dengan lemparan dengan layar diturunkan dari ketinggian kepala, yang perangkat tahun lalu tidak dapat bertahan -kaca depan tertutup retakan. Dengan iPhone 12 baru, tidak ada yang terjadi dengan penurunan yang sama.

Sedangkan MobileReviewsEh memutuskan untuk menguji kekuatan iPhone 12 baru dengan cara yang sama sekali berbeda. Dia menggunakan perangkat khusus untuk menekan layar. Perisai Keramik bertahan dengan gaya yang diterapkan 442 Newton sebelum retak. Sebagai perbandingan, iPhone 11 tahun lalu mencapai 352 Newton.

Menariknya, kaca pada iPhone 12 tidak hanya lebih kuat dari generasi sebelumnya tetapi juga kurang rentan terhadap goresan. Jika pada iPhone 11, seperti pada sebagian besar smartphone modern lainnya, goresan kecil muncul di tingkat keenam skala Mohs, maka dalam kasus iPhone 12 baru, jejak yang terlihat hanya muncul di tingkat ketujuh. (Baca juga: Jasa Pembuatan Website Indonesia Menggunakan Server 96 Core, Wow!)
(iqb)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top