Head to Head Huawei Mate 40 Pro Vs iPhone 12 Pro, Siapa Menang?

loading...
Head to Head Huawei Mate 40 Pro Vs iPhone 12 Pro, Siapa Menang?
Apple merilis seri iPhone 12 yang menggunakan chip 5n Bionic A14 dan beberapa kemudian Huawei meluncurkan seri Mate 40 yang hadir dengan SoC Kirin 9000 5nm. Foto/Giz China
JAKARTA - Bulan ini, kita melihat peluncuran resmi rangkaian smartphone pertama denganchip 5nm. Apple sebelumnya merilis seri iPhone 12 yang menggunakan chip 5n Bionic A14. Beberapa hari kemudian giliran Huawei meluncurkan seri Mate 40 yang hadir dengan SoCKirin 9000 5nm.

Wajar saja, seri tersebut akan saling bersaing. Meski kedua perusahaan sudah memiliki pembeli khusus (fanboy), masih ada sebagian kecil pasar yang bisa diperebutkan. Dalam artikel ini, kita akan melihat perbandingan antara Huawei Mate 40 Pro dan iPhone 12 Pro. Artikel akan fokus pada bagian dalam perangkat ini -kamera, baterai, dan prosesor.
Head to Head Huawei Mate 40 Pro Vs iPhone 12 Pro, Siapa Menang?

Mulai dari skor AnTuTu, iPhone 12 Pro melebihi 580.000, sedangkan Huawei Mate 40 Pro melebihi 560.000 poin. Tentu kita tahu bahwa peringkat AnTuTu hanya memberi gambaran tentang kinerja relatif. Itu tidak menjamin kinerja sebenarnya dari smartphone.

Kamera
Kamera iPhone 12 Pro
Beralih ke internal iPhone 12 Pro, peningkatan terbesar di smartphone ini ada di bagian kamera. Smartphone hadir dengan pengaturan tiga kamera belakang 12 MP serta kamera LiDar. Ini jauh lebih baik daripada iPhone 12 yang menggunakan kamera utama 12 MP + kamera ganda sudut lebar 12 MP.
Head to Head Huawei Mate 40 Pro Vs iPhone 12 Pro, Siapa Menang?

Sensor LiDar adalah jenis sensor kedalaman baru yang dapat membuat perbedaan dalam banyak hal menarik. Menurut laporan, handphone dengan teknologi LiDar mengirimkan gelombang pulsa cahaya dalam bentuk ledakan titik infra merah dan dapat menggunakan sensornya untuk mengukur setiap gelombang, sehingga menciptakan bidang titik yang dapat menarik jarak dan dapat "mengatur" ruang.

Dalam hal skenario penggunaan tertentu, Apple menjanjikan bahwa iPhone 12 Pro memiliki fokus cahaya rendah yang lebih baik. Plus kecepatan dalam kondisi cahaya redup meningkat enam kali lipat. Sensor kedalaman Lidar juga meningkatkan efek mode potret malam.



Di DxOMark, meski belum ada tes resmi, agensi telah mengumumkan bahwa iPhone 12 Pro Max tidak memiliki kamera terbaik di peringkatnya.

Kamera Huawei Mate 40 Pro
Di DxOMark, skor akhir perangkat ini adalah 136 poin yang menempatkan Mate 40 Pro di posisi pertama pada sistem peringkat DxOMark. Ini menjadikannya raja baru fotografi seluler.
Head to Head Huawei Mate 40 Pro Vs iPhone 12 Pro, Siapa Menang?


Baterai

Baterai Huawei Mate 40 Pro
Setelah melepas penutup belakang, pengguna disambut koil pengisian nirkabel Huawei Mate40 Pro. Mesin ini mendukung pengisian daya flash nirkabel 50W (Mate40 Pro + juga mendukung pengisian nirkabel 50W) dan merupakan pengisian nirkabel tercepat ponsel Huawei sejauh ini.

Smartphone menggunakan sensor utama 50 MP 1/1.28" (keluaran 12 MP) dengan ekuivalen 23 mm (1x didefinisikan sebagai 27 mm) lensa bukaan f/1.9, Octa-PD piksel penuh. Perangkat juga menggunakan sensor ultra-lebar 20 MP 1/1,54" dengan lensa aperture f/1.8-setara 18 mm, PDAF.
Head to Head Huawei Mate 40 Pro Vs iPhone 12 Pro, Siapa Menang?

Terakhir sensor telefoto 12 MP 1/3.56" dengan lensa aperture f/3.4 setara 125 mm, PDAF, OIS. Perangkat ini juga memiliki sensor suhu warna multispektral. Di sisi software, smartphone bisa merekam video 4K pada 60fps.



Setelah melepas koil pengisian nirkabel, Anda dapat melihat bahwa ada dua kabel penghubung antara baterai Huawei Mate40 Pro dan motherboard. Dilaporkan bahwa Huawei Mate40 Pro mendukung pengisian cepat kabel 66W untuk pertama kalinya, dan juga merupakan ponsel pabrikan yang mengisi daya tercepat sejauh ini.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR ANDA
Top