Beda dengan Volvo, Toyota Justru Makin Ngegas dengan Mesin Diesel

loading...
Beda dengan Volvo, Toyota Justru Makin Ngegas dengan Mesin Diesel
Toyota segera memperkaya varian dari mobil diesel-nya dengan mesin terbaru, V6. Mesin ini lebih tangguh dari V8. Foto/Ist
SIDNEY - Saat produsen Eropaseperti Volvo meninggalkan pasar mobil mesin diesel, Toyota justru makin "ngegas" memproduksi kendaraan dengan konsumsi BBM solar tersebut.

Toyota sendiri saat ini memiliki beragam model kendaraan diesel, sebut saja Toyota Land Cruiser, HiLux dan Fortuner. (Baca juga: Volvo Ucapkan Selamat Tinggal ke Mesin Diesel)

Dari Australia, laman Carsguide melaporkan, Toyota mengajukan permohonan untuk merek dagang "GR HiLux". Dokumen diajukan pada Juli 2019 dan disetujui pada 18 Februari 2020.

Inti dari kabar ini adalah Toyota sedang mengerjakan mesin diesel V6 yang sangat besar tenaganya. Mesin ini bakal mengungguli mesin diesel V8 yang digunakan dalam seri Land Cruiser 200.



Toyota mengatakan telah menunggu "diesel besar" untuk menggerakkan GR HiLux. Nah mesin yang dimaksud ialah diesel V6 3,3 liter yang diharapkan sanggup menghasilkan tenaga lebih dari 200kW dan 650Nm.

Kemungkinan besar mesin diesek V6 ini tidak akan berakhir di sana. Karena bakal ada Tacoma dan Sequoia TRD Pro yang akan ikut mengambil bagian.

Toyota Fortuner kemungkinan besar akan mengikuti pemasangan V6 ke bawah kap mobil bertenaga tersebut. "Kami selalu mengevaluasi tren, dan jika pasar bergerak ke arah itu maka kami tidak akan mengesampingkan apa pun," kata Juru Bicara Toyota Australia kepada CarsGuide.



Apa yang dilakukan Toyota berbeda jauh dengan Volvo. Pabrikan Eropa itu lebih memilih meninggalkan mesin diesel karena dianggap tak punya masa depan bila dikaitkan dengan isu lingkungan.

Mulai tahun depan, Volvo memutuskan menghentikan produksi kendaraan berbasis mesin diesel. Meskipun pasarnya dirasakan masih sangat besar. (Baca juga: Kala Sang Surya Menepi di Kampung Loji, Setitik Cahaya Jadi Barang Langka)
(iqb)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top