5 Tsunami Besar yang Pernah Meluluhlantakkan sebuah Daerah

Senin, 26 Oktober 2020 - 21:27 WIB
loading...
5 Tsunami Besar yang Pernah Meluluhlantakkan sebuah Daerah
ilustrasi bencana alam tsunami. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Tsunami merupakan salah satu bencana alam dahsyat yang pernah menimpa banyak tempat di dunia. Tak hanya kerusakan materil, bencana ini juga kerap memakan korban jiwa yang tidak sedikit. BACA JUGA - SUV Kuncian Mitsubishi yang Lebih Ganas dari Outlander dan Pajero Sport.

Ada beberapa tsunami besar yang pernah tercatat di dunia. Berikut ini beberapa tsunami tersebut, dihimpun dari berbagai sumber.. BACA JUGA- Pendatang Baru di RI, MG Gloster Samai Kesangaran All New Mitsubishi

Kreta (365 SM)

Sekitar tahun 365 SM gempa bawah laut berkekuatan 8 SR terjadi di Li Mesir, Palestina, Siprus, Sisilia, dan Kepulauan Yunani. Negara yang disebut belakangan itu menjadi tempat terparah yang tertimpa musibah.

Tsunami menghancurkan Yunani bagian selatan dengan sangat fatal. Secara total kejadian tsunami Kreta diperkirakan menelan 300-500 ribu jiwa.

Aceh (2004)

Pada 26 Desember 2004, gempa bumi berkekuatan 9,1 SR menimpa sebagian besar wilayah Aceh. Tak lama kemudian, tsunami setinggi 30 meter menghempas daratan Tanah Rencong, dan meluluh lantahkan yang ada di depannya.

Kejadian ini menjadi salah satu tsunami terbesar di dunia. Ratusan ribu jiwa melayang dan sangat banyak kerugian lain yang ditimbulkan akibat bencana ini.

Genroku (1703)

Gempa bumi dahsyat juga pernah terjadi di Kanto Selatan, Jepang, di Era Genroku, pada 31 Desember 1703. Gempa tersebut menyebabkan tsunami besar yang menghempas hingga 400 kilometer dari garis pantai. Diperkirakan sedikitnya 200 ribu orang tewas akibat bencana alam ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1626 seconds (0.1#10.140)