Sederet Fakta Komodo, Hewan Pulau Rinca yang Disulap Jadi Jurassic Park

loading...
Sederet Fakta Komodo, Hewan Pulau Rinca yang Disulap Jadi Jurassic Park
Komodo kali pertama dieksplorasi Belanda pada 1910. Ketika itu, Letnan Steyn van Hensbroek, pegawai administrasi kolonial Hindia Belanda, mendengar cerita tentang hewan seperti naga. Foto/Muh Iqbal M/SINDOnews
JAKARTA - Kabar mengenai isu pengembangan Jurassic Park diPulau Rinca Nusa Tenggara Timur (NTT) kini sedang ramai dibicarakan. Padahal pulau tersebut dikenal sebagai salah satu habitat Komodo. (Baca juga: Mengenal Sejarah Taman Nasional Komodo yang Lagi Viral)

Nama Komodo langsung menjadi hewan yang banyak dicari setelah viral di media sosial karena dia 'menghadang' sebuah truk proyek. Komodo sendiri adalah pemangsa tingkat atas dalam lingkungannya, dan semua binatang yang terdapat di Taman Nasional Komodo dapat menjadi mangsa bagi mereka.

Hewan ini hanya ditemukan di Pulau Komodo, Pulau Rinca, Gili Motang, dan sebagian kecil di utara dan barat Flores. Tapi saat ini mereka sudah mulai punah di Padar.

Komodo tidak ditemukan di tempat lain lagi di dunia. Hewan ini harus dilindungi karena mereka dianggap terancam akibat sangat terbatasnya rentang penyebaran populasinya.



Komodo kali pertama dieksplorasi Belanda pada 1910. Ketika itu, Letnan Steyn van Hensbroek, pegawai administrasi kolonial Hindia Belanda, mendengar cerita tentang “hewan seperti naga” dari seorang pilot yang diselamatkan ketika pesawatnya jatuh di sebuah pulau.

Pada 1912, Letnan Steyn mengirimkan tim ekspedisi ilmiah ke pulau tersebut. Sebuah foto dan sampel kulit hasil ekspedisi dikirimkan kepada Peter A Ouwens, Direktur Museum Zoologi dan Kebun Raya Bogor.

Dalam sebuah karya ilmiah yang dipublikasikan Peter A Ouwens 1912, komodo diperkenalkan ke dunia. Dan pada 1915, di bawah perencanaan pemerintah kolonial Hindia Belanda, komodo menjadi salah satu hewan pertama di dunia yang mendapat perlindungan, demikian tulis Pamela Nagami dalam Bitten: True Medical Stories of Bites and Stings, dikutip dari laman Historia, Senin (26/10/2020).



Komodo besar biasanya memiliki berat vadan sampai 90 kilogram (kg). Komodo yang terbesar yang pernah ditimbang memiliki berat badan 165,9 kg. Sementara, Komodo terbesar yang pernah dicatat memiliki panjang 3,13 meter.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR ANDA
Top