Sederet Fakta Komodo, Hewan Pulau Rinca yang Disulap Jadi Jurassic Park

Senin, 26 Oktober 2020 - 21:50 WIB
loading...
A A A
Komodo yang masih muda, menghabiskan sebagian besar waktunya di atas pohon. Tetapi komodo yang berukuran lebih panjang dari 1,5 meter tidak dapat memanjat dengan baik.

Karena Komodo adalah hewan berdarah dingin, maka mereka selalu berusaha terus menerus untuk mempertahankan suhu tubuhnya. Di pagi hari, komodo harus memanaskan tubuhnya di sinar Matahari.

Jika suhu tubuhnya terlalu rendah, makanan di dalam perutnya dapat membusuk dan dapat menyebabkan muntah bahkan kematian.

Dalam keadaan takut, komodo dapat berlari hingga kecepatan 18 km/jam dalam jarak pendek. Biasanya komodo berlari dengan kecepatan yang lebih lambat sekitar 8-10 km/jam.

Fakta unik terkait komodo, air liur komodo dikenal mematikan karena mengandung banyak bakteri jahat. Setidaknya, ada 60 jenis bakteri pada air liur komodo.

Inilah yang membuat komodo hanya butuh satu gigitan untuk melumpuhkan mangsanya. Setelah digigit dia akan pasif dan menunggu dalam hitungan jam mangsanya mati mengenaskan akibat bakteri-bakteri tersebut. (Baca juga: Munarman FPI Pastikan Beri Bantuan Pengacara untuk Gus Nur )
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2231 seconds (0.1#10.140)