Suntikan Instan X-Raid Agar MINI Tangguh di Medan Off-Road

Selasa, 27 Oktober 2020 - 12:46 WIB
loading...
Suntikan Instan X-Raid Agar MINI Tangguh di Medan Off-Road
MINI Countrman S ALL X-Raid mendapatkan suntikan modikasi agar kuat di medan berat. Foto / Carscoops
A A A
JAKARTA - Akhirnya kerja sama MINI dan tim balap reli Dakar MINI ALL4 Racing - X-Raid akhirnya membuahkan hasil manis juga. Dilaporkan Autobog, X-Raid yang berpengalaman membua mobil-mobil off-road MINI untuk ajang reli Dakar kini memasagn perlengkapan khusus agar mobil SUV MINI bisa tangguh di medan off-road.

Perlengkapan off-road itu "disuntikkan" secara instan ke MINI Countryman S ALL4 yang secara postur paling cocok untuk dibawa berperang ke medan berat dibandingkan keluarga MINI lainnya. Selain itu sistem penggerak empat roda, ALL4, dianggap mumpuni untuk meyelamatkan diri jika terjebak di jalanan yang keras. (Baca juga : Mobil Prancis Jualannya Kecil di Indonesia, Mau ikut Diboikot? )

Suntikan Instan X-Raid Agar MINI Tangguh di Medan Off-Road


Salah satu hal yang paling terlihat berbeda antara MINI Countryman S ALL4 biasa dengan garapa X-Raid adalah ground clearance. Ground clearance mobil itu kini ngangkang hingga lebih tinggi 1,6 inci dibanding MINI Countryman S ALL4 biasa. Diketahui MINI Countryman S biasa memiliki ground clearance 165 milimeter.

Karena jadi lebih tinggi, otomatis sudut masuk dan sudut keluar mobil itu jadi lebih baik dibandingkan versi standar MINI Countryman. Selain mengubah ground clearance, X-Raid memberikan ban dan velg khusus buat MINI Countryman S ALL4 itu. Mereka mengklaim ban yang ukurannya lebih besar itu memiliki kekuatan yang lebih baik saat berada di medan berat. Selain itu durabilitas ban tinggi jika terus dipaksa berkelana di alam bebas. (Baca juga : Erdogan Serukan Boikot, Dominasi Mobil Prancis Bakal Berakhir? )

Sayangnya X-Raid tidak menjelaskan secara resmi apakah mobil itu mendapatkan perubahan mesin atau tidak? Sejatinya MINI Countryman S ALL4 dilengkapi mesin 1.998 cc 4 silinder segaris dengan Double VANOS, Valvetronic dan Twin-Scroll Turbocharger. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga maksimum 189 dk di 5.000 rpm, dan torsi maksimum 280 NM di 1.250 Nm.Karena mengusung nama ALL4, maka tenaga tersebut disalurkan ke empat roda melalui sistem transmisi otomatis ZF-8.

Dari segi tampilan X-Raid juga hanya menambah decal khusus berwarna jingga ke badan mobil tersebut. Agar lebih dikenal maka di decal itu dipasang logo X yang menunjukkan nama X-Raid. Decal itu terlihat di bagian kap mesin, body samping dan buritan.

Suntikan Instan X-Raid Agar MINI Tangguh di Medan Off-Road


Tentu bagi pecinta X-Raid ubahan itu sebenarnya kurang maksimal. Apalagi tahun ini, MINI JCW Buggy X-Raid justru berhasil menjadi juara Reli Dakar yang digelar awal tahun ini di Arab Saudi. MINI X-Raid sendiri sudah tiga kali menjuarai reli itu yakni pada 2012, 2015 dan 2020.

MINI JCW Buggy dipiloti oleh tim X-raid memang terlihat perkasa. Di balik kap mesinnya sudah disiapkan mesin diesel 6-silinder 3.0 liter. Semburan daya mencapai 340 daya kuda dan torsi 800 Nm.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1879 seconds (0.1#10.140)