Seperti Manusia, Baterai Ponsel Bisa Stres, Ini Penyebabnya!

Selasa, 27 Oktober 2020 - 13:21 WIB
loading...
Seperti Manusia, Baterai Ponsel Bisa Stres, Ini Penyebabnya!
Tanpa sengaja membiarkan colokan charger melekat pada smartphone seperti yang dilakukan saat tertidur di malam hari, mungkin bisa berdampak buruk bagi baterai dalam jangka panjang.
A A A
JAKARTA - Ketahanan daya baterai smartphone yang cepat habis seringkali membuat kita bertanya-tanya dan menduga ada sesuatu yang salah terjadi pada perangkat tersebut. BACA JUGA : Simak 8 Perbedaan Spesifikasi Oppo Reno4 dan Oppo Reno4 F

Apakah karena pengecasan baterai smartphone terlalu singkat? Atau malah pengecasan dalam intensitas waktu yang cukup sering dan bahkan terlalu lama, sehingga sehingga menyebabkan kerusakan jangka panjang pada baterai.

Ternyata, kedua anggapan tersebut kurang tepat.

Menurut laman web perusahaan baterai Cadex di Battery University (batteryuniversity.com), baterai lithium-ion di smartphone ternyata sensitif dan bisa stres.
Seperti manusia, stres yang berkepanjangan dapat merusak masa pakai baterai ponsel cerdas dalam jangka panjang.

Jadi, jika ingin menjaga baterai smartphone tetap awet dan selalu dalam kondisi prima, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait umur baterai.
Pertama, sebaiknya tidak membiarkan pengecasan ketika baterai sudah terisi penuh.

Tindakan tanpa sengaja membiarkan colokan charger melekat pada smartphone seperti yang dilakukan saat tertidur di malam hari, mungkin bisa berdampak buruk bagi baterai dalam jangka panjang.

Banyak yang beranggapan, mengisi baterai sebaiknya dilakukan ketika akan tidur dan dibiarkan terisi penuh 100% saat pagi hari.

Padahal cara ini tidak tepat, karena saat baterai smartphone terisi penuh maka perangkat sesungguhnya mendapat daya untuk menjaganya tetap 100% dalam posisi charger tetap tercolok.

BACA JUGA : Pabrik Mulai Produksi Lagi, Stok Ponsel Oppo Batal Langka

Hal ini membuat baterai dalam keadaan stres tinggi dan tegangan tinggi, yang berpotensi mengikis bahan kimia di dalamnya sehingga mengakibatkan baterai akan cepat rusak atau bocor.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2263 seconds (0.1#10.140)