Diapresiasi Positif Apple, Tokopedia Punya 50 Developer Khusus Garap Aplikasi iOS

loading...
Diapresiasi Positif Apple, Tokopedia Punya 50 Developer Khusus Garap Aplikasi iOS
Head of Engineering Tokopedia Tonito menjadi salah satu software engineer yang terlibat sejak pengembangan tahap awal aplikasi iOS Tokopedia.
JAKARTA - Bisa jadi mengembangkan aplikasi untuk iOS memang paling menantang. Dan jika aplikasinya dianggap salah satu yang terbaik oleh pemilik platform, pembuatnya layak bangga. BACA JUGA : Kenapa Sih Produk Smart Speaker Kurang Laku di Indonesia?

Ini yang dialami Tokopedia. Aplikasi Tokopedia untuk iOS masuk dalam kategori ‘Great on iOS 14’ dan ditampilkan di halaman depan AppStore pada Oktober 2020.

Head of Engineering Tokopedia Tonito mengatakan, Tokopedia sangat serius dalam mengembangkan aplikasi untuk iOS.

Bahkan, menurutnya, ada 50 engineers hanya untuk iOS yang dipimpinnya di Tokopedia. Mereka menghasilkan sejumlah fitur yang memang tidak dimiliki oleh marketplace lainnya.



Pertama, fitur NFC di iPhone yang memungkinkan pengguna iOS Tokopedia melakukan pengecekan, top-up hingga update saldo kartu uang elektronik langsung dari perangkat pribadi secara mudah dan cepat.

Kedua, Dark Mode. Saat ini, lebih dari 90% halaman Tokopedia telah dikonversi menjadi dark mode.

Fitur ini diharapkan dapat lebih memanjakan mata pengguna saat menggunakan aplikasi Tokopedia terutama di malam hari sekaligus membantu menghemat konsumsi energi gawai.



BACA JUGA : Kocak, Ngebet Headset Gaming, Pembeli Tawarkan Barter dengan Mesin Gerinda

Ketiga, Tokopedia di Apple Watch. ”Inovasi ini memungkinkan masyarakat mengakses aplikasi Tokopedia langsung dari Apple Watch, mulai dari mencari produk, memantau status pembelian, mengecek notifikasi hingga kemudahan membuka aplikasi Tokopedia melalui fitur ‘Buka di HP’,” terang Tonito.

Terakhir, Widget Tokopedia di iOS 14. ”Ada banyak kemudahan untuk pengguna dari homepage tanpa harus membuka aplikasi Tokopedia. Misalnya dalam memantau transaksi atau berkomunikasi dengan penjual maupun pembeli,” bebernya.
(dan)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top