Peneliti Gunakan Ilmu Perburuan Alien untuk Pecahkan Penyebaran COVID-19

Rabu, 28 Oktober 2020 - 00:50 WIB
loading...
Peneliti Gunakan Ilmu Perburuan Alien untuk Pecahkan Penyebaran COVID-19
Para peneliti menggunakan rumus atau ilmu perburuan alien untuk memecahkan penyebaran COVID-19. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Persamaan terkenal yang digunakan dalam perburuan kehidupan alien telah menginspirasi model baru yang memperkirakan kemungkinan penularan COVID-19 . (Baca juga: Sambut Libur Panjang, Operator Kapal Diminta Antisipasi Penyebaran Covid-19 )

Model baru -yang pada dasarnya merupakan persamaan tunggal dengan beberapa istilah yang dikalikan bersama- memperkirakan risiko penularan COVID-19 melalui udara. Para peneliti termotivasi dalam pekerjaan mereka melalui rumus matematika sederhana, tapi signifikan secara historis yang dikenal sebagai persamaan Drake. Rumus ini memperkirakan kemungkinan menemukan kehidupan luar angkasa yang cerdas di galaksi kita.

Dikembangkan pada tahun 1961 oleh astronom Frank Drake, persamaan ini hanya didasarkan pada tujuh variabel dan memberikan "kerangka kerja yang mudah dipahami" untuk melihat sesuatu yang tampaknya tidak dapat diketahui seperti jumlah peradaban alien, kata para penulis riset.

Mereka ingin memberikan kerangka kerja serupa untuk memahami risiko penularan COVID-19. "Masih banyak kebingungan tentang jalur penularan COVID-19. Ini sebagian karena tidak ada 'bahasa' umum yang memudahkan untuk memahami faktor risiko yang terlibat," kata Rajat Mittal, profesor di Departemen Teknik Mesin di Universitas Johns Hopkins dalam sebuah pernyataan terkait di laman Live Science.

"Apa yang benar-benar perlu terjadi agar seseorang terinfeksi? Jika kita dapat memvisualisasikan proses ini dengan lebih jelas dan secara kuantitatif, kita dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang aktivitas mana yang akan dilanjutkan dan mana yang harus dihindari," katanya lagi.

Model baru, yang diterbitkan 7 Oktober di jurnal Physics of Fluids, memecahkan penularan COVID-19 menjadi tiga tahap. Masing-masing mengusir "tetesan" yang mengandung virus dari orang yang terinfeksi ke udara, penyebaran tetesan ini, dan menghirup tetesan ini oleh orang yang rentan.

Secara keseluruhan, model tersebut terdiri dari 10 variabel yang terlibat dalam penularan COVID-19. Termasuk tingkat pernapasan orang yang terinfeksi dan rentan, jumlah partikel virus dalam tetesan yang dihembuskan dan jumlah waktu orang yang rentan terpapar. .

Para penulis kemudian menggunakan model mereka, yang mereka sebut model ketidaksetaraan Contagion Airborne Transmission (CAT), untuk memperkirakan risiko penularan dalam berbagai skenario, termasuk di mana orang menggunakan masker wajah atau mempraktikkan jarak sosial, serta saat orang berolahraga. Pada model ketimpangan, jika jumlah virus yang dihirup lebih besar dari jumlah yang dibutuhkan untuk menyebabkan infeksi, orang lain akan jatuh sakit.

Satu peringatan besar, saat ini kita tidak tahu berapa banyak partikel yang diperlukan untuk menyebabkan infeksi. Akibatnya, model tidak dapat menghitung risiko infeksi absolut, tetapi hanya dapat membandingkan tingkat risiko aktivitas yang berbeda.

Untuk masker wajah, para peneliti memperkirakan bahwa dengan semua faktor lain dianggap sama, skenario di mana individu yang terinfeksi dan rentan mengenakan masker N95 dapat mengurangi risiko penularan dengan faktor 400, relatif terhadap skenario di mana kedua orang tersebut tidak memakai masker sama sekali. Masker bedah dapat mengurangi penularan dengan faktor 10, dan masker kain dengan faktor 7, jika kedua belah pihak mengenakan masker.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2513 seconds (0.1#10.140)