Beredar Video yang Memamerkan Ponsel Pertama di Dunia dengan Layar Digulung

loading...
Beredar Video yang Memamerkan Ponsel Pertama di Dunia dengan Layar Digulung
Sebuah video singkat memperlihatkan bagaimana smartphone dengan layar 4,5 inci dapat meregang hingga 6,7 inci tanpa menambah ketebalan perangkat secara signifikan. Foto/Ist
BEIJING - TCL mulai berbicara tentang smartphone yang layarnya dapat digulung pada awal tahun, tepatnya pada CES Januari 2020. Sekarang sebuah video muncul menunjukkan prototipe dari ponsel semacam itu. (Baca juga: TCL Patenkan Handphone Penuh Gaya dengan Kamera Bersembunyi di dalam Layar)

Sebuah video singkat memperlihatkan bagaimana smartphone dengan layar 4,5 inci dapat meregang hingga 6,7 inci tanpa menambah ketebalan perangkat secara signifikan.

Laman GSM Arena mengutarkan, TCL sedang mengembangkan teknologi berdasarkan layar OLED dukungan fleksibel. Pabrikan mengatakan saat ini layar seperti itu dapat diwujudkan dan diperluas hingga 200.000 kali.
Beredar Video yang Memamerkan Ponsel Pertama di Dunia dengan Layar Digulung

Di pameran IFA, pabrikan China itu mengumumkan belum mempunyai rencana membawa perangkat dengan layar seperti itu ke pasar hingga akhir 2020.

Ross Young, Pendiri dan Analis Utama di DisplaySearch dan DSC pun mengomentari video tersebut. Dia mencatat adanya perlombaan bagi pabrikan untuk dapat merilis perangkat dengan layar bisa digulung. Artinya kita tidak perlu menunggu terlalu lama untuk bisa melihat wujud aslinya.



Baru-baru ini, laman LetsGoDigital mengungkap TCL telah mematenkan ponsel futuristik yang menonjol dari semua smartphone lain di pasaran. Pertama, kamera depannya terletak di bawah permukaan layar. Kedua, kamera utama di bagian belakang juga tidak terlihat.

Diharapkan teknologi kamera depan sub-layar ini akan digunakan di sejumlah besar model smartphone pada awal tahun depan. Sebagai pengingat, pada 1 September, smartphone komersial pertama dengan kamera di bawah layar -ZTE Axon 20- telah hadir ke pasar.

Di bagian depan, kita melihat layar tanpa guntingan atau lubang, meskipun menurut standar saat ini bezel-nya cukup lebar. Uraian paten menyebutkan bahwa kamera selfie smartphone TCL ini terletak di bawah layar.

Tapi yang lebih menarik adalah panel belakang, di mana kameranya juga tidak terlihat. Bodinya terlihat lebih tebal di bagian atas, yang mungkin merupakan tempat sensor gambar lensa tersembunyi berada.



Ada kemungkinan bahwa kasus ini, handphone akan menggunakan teknologi yang sama (atau serupa) dengan OnePlus Concept One, yang kita lihat awal tahun ini. Ponsel ini memiliki penutup belakang kaca yang berubah warna, dan kamera tidak terlihat saat tidak digunakan.

Di sisi kanan ponsel yang dipatenkan TCL, kita melihat tombol untuk menyalakan dan mengatur volume. Tidak ada tombol dan konektor di sisi kiri dan atas. Di bagian bawah, hanya konektor USB-C yang terlihat.
(iqb)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top