Motor Listrik Terkencang di Dunia Ingin Bikin Rekor Kecepatan

loading...
Motor Listrik Terkencang di Dunia Ingin Bikin Rekor Kecepatan
Voxan Wattman berusaha mencetak rekor kecepata tertinggi di dunia di 12 kategori. Foto / Voxan
MONAKO - JAKARTA - Oktober ini rekor kecepatan jadi tren tersendiri. Setelah SSC Tuataraberhasil menjadi mobil dengan kecepatan tertinggi di dunia kini giliran perusahaan motor listrik asal Monako, Voxan yang berusaha membuat rekor kecepatan. Diketahui motor listrik buatan Voxan yakni Voxan Wattman diklaim merupakan motor listrik terkencang di dunia karena mampu mencapai kecepatan 330 kilometer per jam. Hanya saja klaim itu belum mendapat pengakuan formal.

Untuk itu mereka berupaya membuat rekor itu sah dengan menguji secara langsung. Tidak tanggung-tanggung pada 30 Oktober besok mereka berencana mencetak 12 rekor kecepatan tertinggi yang pernah diraih oleh motor listrik. Untuk mencapai rekor itu, Voxan meminta bantuan pebalap legendaris MotoGP dan WSBK, Max Biaggi untuk menggeber motor listrik buatan Voxan. "Jika kondisi cuacanya mendukung kami berharap rekor itu akan terwujud. Ini akan jadi catatan yang spesial buat merayakan kiprah 20 tahun kami," ucap Gildo Pastor, President of Venturi, perusahaan holding Voxan.

Motor Listrik Terkencang di Dunia Ingin Bikin Rekor Kecepatan


Keduabelas rekor itu rencananya akan dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama adalah rekor baru yang memang belum pernah diraih oleh motor-motor lain yakni kecepatan tertinggi untuk jarak 500 meter, 1 kilometer dan 1,6 kilometer. Dari setiap jarak itu, Max Biaggi melakukan percobaan rekor dengan dua kategori yakni flying start dan standing start.



Sementara untuk enam percobaan rekor lainnya merupakan rekor yang belum ada sehingga Voxan bisa mengeksplorasi dengan maksimal rekor yang ingin mereka capai. Lokasi percobaan rekor rencananya akan dilakukan di lapangan terbang Châteauroux, Prancis.

Bagi Max Biaggi motor Voxan bukanlah motor listrik yang asing buatnya. Hingga kini dia merupakan rider khusus Voxan untuk pengembangan motor listrik. Lokasi lapangan terbang Châteauroux juga bukan tempat yang asing buat pebalap Italia itu. "Ini merupakan ketigakalinya bagi kami untuk mencoba motor di lapangan terbang Châteauroux. Saya tidak sabar untuk membawa pulang rekor ini ke Monako," harap Max Biaggi.

Nantinya Max Biaggi akan mencoba mencetak rekor kecepatan dengan tiga motor listrik buatan Voxan yakni Wattman non streamliner, Wattman light streamliner dan Wattman full streamliner.
(wsb)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top