Berkali-kali Uji Coba Akhirnya Xpander AP4 Berlaga Juga

Jum'at, 30 Oktober 2020 - 12:44 WIB
loading...
Berkali-kali Uji Coba Akhirnya Xpander AP4 Berlaga Juga
Mitsubishi Xpander AP4 akhirnya mencicipi ujian sebenarnya dengan berlaga di Meikarta Sprint Rally & Slalom besok. Foto / XRT
A A A
MEIKARTA - JAKARTA - Mitsubishi Xpander AP4 akhirnya berlaga juga di ajang kompetisi resmi setelah berkali-kali hanya bisa melakukan uji coba. Mobil MPV reli pertama di dunia itu rencananya akan berkompetisi di ajang Meikarta Sprint Rally Dritfting & Slalom Series 2020 di Meikarta, Cikarang, Jawa Barat pada 31 Oktober – 1 November 2020 mendatang.

Bagi tim Xpander AP4 Rally Team (XRT) , meski bukan sebuah kejuaraan nasional, event tersebut menjadi event balap yang ditunggu-tunggu. Karena sejak selesainya pesiapan kendaraan yang menjadi andalan Tim XRT yaitu XPANDER AP4 pada pertengahan tahun lalu, belum sekali pun mobil tersebut menunjukkan giginya di sebuah kejuaraan. “Awalnya kami berencana menurunkan XPANDER AP4 pada Kejuaraan Nasional Rally di tahun 2020, namun seperti kita ketahui pandemi COVID 19 membuat semua kejuaraan nasional olahraga untuk tahun 2020 terpaksa ditiadakan,” ungkap Manajer Tim XRT Julian Johan. “Kehadiran event Meikarta Sprint Rally ini akhirnya menjadi event perdana bagi XRT juga XPANDER AP4,”tambah pria yang akrab disapa Jeje itu.(Baca juga : Lexus Buat Mobil Edisi Terbatas yang Terinspirasi dari Pesawat )

Berkali-kali Uji Coba Akhirnya Xpander AP4 Berlaga Juga


Menurut Jeje, Meikarta Sprint Rally 2020 menjadi event penting bagi XRT. Sebab di event inilah XPANDER AP4 yang telah menjalani pengembangan sejak akhir tahun silam akan menunjukkan pembuktian yang sesungguhnya dalam ajang kompetisi. “Meski bukan Kejuaraan Nasional, lintasan di Meikarta cukup unik dan menarik karena terdiri dari dua macam lintasan yaitu gravel dan aspal. Untuk menghadapi tantangan yang ada, performa mobil dan perelinya benar-benar harus prima. Ini event pembuktian bagi XRT. Oleh karena itu XRT sangat serius dalam menghadapi event ini,” ujar Jeje.

Jeje melanjutkan event perdana ini juga penting karena dapat memberikan input data bagi pengembangan sebuah mobil MPV yang diubah menjadi mobil reli. Komunikasi dengan pihak Ralliart Selandia Baru sebagai pengembang Mitsubishi XPANDER AP4 cukup intens dilakukan dalam menghadapi event Meikarta. Bahkan komunikasi dan pengiriman data tetap akan dilakukan di saat kejuaraan berlangsung.

“Tim Ralliart Selandia Baru akan stand by sepanjang kejuaraan berlangsung. Kami juga akan mengirimkan semua data performance dari XPANDER AP4 ke Selandia Baru. Tim di Selandia Baru juga akan siap jika dibutukan untuk melakukan penyetingan secara jarak jauh,” ungkap Jeje. (Baca juga : Keren, KIA Mulai Siapkan SUV Militer Setara Hummer )

Berkali-kali Uji Coba Akhirnya Xpander AP4 Berlaga Juga


Sementara itu pereli yang juga founder XPANDER Rally Team Rifat Sungkar mengaku gembira menghadapi Meikarta Sprint Rally 2020. “Event yang ditunggu-tunggu insan motorsport roda empat di tanah air sepanjang 2020 ini akhirnya terlaksana. Event ini banyak keunikannya. Pertama, event ini diadakan dengan menjalani protokol COVID 19, dimana semua pebalap diperiksa kesehatannya secara ketat. Kedua, akan ada tiga jenis motorsport yang dilombakan yaitu Sprint Rally, Drifting dan Slalom. Dan yang ketiga, untuk lintasan relinya, terdiri dari dua jenis permukaan yaitu gravel dan tarmac atau aspal,” ucap Rifat Sungkar. “Dua jenis permukaan yang berbeda dalam satu lintasan menghadirkan tantangan yang berbeda, baik bagi mobil maupun perelinya. Makanya saya sudah tidak sabar untuk berlaga di Meikarta,” tutur Rifat.

Dengan semua persiapan yang telah dilakukan, baik Jeje maupun Rifat Sungkar optimistis XPANDER Rally Team bersama mobil andalan Mitsubishi XPANDER AP4 dapat memberikan penampilan terbaik di Meikarta. “Dengan persiapan dan uji coba yang sudah kami lakukan, saya cukup optimis dapat memberikan hasil memuaskan pada event perdana bagi XRT maupun XPANDER AP4 ini,” ujar Rifat.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)