Samsung Pimpin Pasar Smartphone, Xiaomi Melesat Kandaskan Apple

loading...
Samsung Pimpin Pasar Smartphone, Xiaomi Melesat Kandaskan Apple
Samsung berhasil menguasai penjualan smartphone global di Q3 tahun 2020 melewati pesaing tangguhnya, Huawei dan Apple. Foto/Muh Iqbal M/SINDOnews
SEOUL - Sebanyak 348 juta smartphone dikirim pada periode 1 Juli dan 30 September 2020, menurut laporan terbaru dari Canalys. (Baca juga: Samsung dan Huawei Terus Bertempur Jadi yang Terlaris di 2020)

Itu berarti 4 juta unit lebih sedikit dari waktu yang sama tahun lalu. Secara triwulanan, pasar keseluruhan tumbuh sebesar 22% dan Samsung sekali lagi menjadi pemimpin pasar dengan raihan 80,2 juta pengiriman. Ini berkat lonjakan 50% dalam penjualan ponsel pintar selama Q3 (kuartal 3) dengan manajemen harga yang lebih baik dan peluncuran beberapa midranger.

Hadir di tempat kedua adalah Huawei. Pabrikan ponsel China itu mengelola 51,7 juta pengiriman, mereka tengah dalam tekanan AS. Huawei memang mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu saat mengelola 66,8 juta penjualan pada periode yang sama.
Samsung Pimpin Pasar Smartphone, Xiaomi Melesat Kandaskan Apple

Kerugian satu merek adalah keuntungan merek lain, karena Xiaomi mengambil keuntungan dari tekanan AS terhadap Huawei. Mereka sukses naik ke posisi ketiga menggeser Apple dengan angka 47,1 juta pengiriman di Q3.

Jumlah tersebut merupakan peningkatan luar biasa yakni 45% dibandingkan tahun lalu. Ini menjadikan Xiaomi sebagai perusahaan dengan pertumbuhan tertinggi dalam kuartal terakhir. Yang lebih mengesankan, 88% pertumbuhan yang diambil Xiaomi di Eropa, berbanding terbalik dengan pengiriman Huawei di kawasan yang turun 25%.
Samsung Pimpin Pasar Smartphone, Xiaomi Melesat Kandaskan Apple

GSM Arena mencatat, Apple merosot ke peringkat empat dengan 43,2 juta pengiriman, tetapi kemungkinan akan dapat memperoleh kembali posisi nomor 3 di Q2 berkat peluncuran seri iPhone 12. Di tempat kelima ada vivo dengan 31,8 juta penjualan dan pabrikan lain jika digabungkan mencetak 94 juta pengiriman smartphone. (Baca juga: BMKG Sebut Gempa Turki dan Yunani Sebabkan Tsunami Lokal)

(iqb)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top