Kisah Mistis Pabrik Mobil Ford di Amerika Dikomersialisasi

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 16:00 WIB
loading...
Kisah Mistis Pabrik Mobil Ford di Amerika Dikomersialisasi
Piquette Plant yang saat ini berubah fungsi jadi museum banyak menyimpan kisah mistis. Foto / IST
A A A
AMERIKA SERIKAT - JAKARTA - Menyambut Halloween yang berlangsung hari ini,Detroit History Tours justru mencoba mengomersilkan kisah mistis yang ada di pabrik mobil Ford di Amerika, Piquette Plant, Detroit. Diketahui Piquette Plant dibangun oleh Henry Ford pada 1908. Pabrik itu merupakan pabrik kedua yang diinisiasi Henry Ford setelah Ford Mack Avenue Plant.

Piquette Plant jadi terkenal karena di pabrik itulah Henry Ford membuat mobil modern pertama di dunia Ford T. Di pabri itulah Henry Ford melakukan produksi mobil secara modern dengan penggunaan jalur perakitan khusus yang kita kenal sekarang.
Hanya saja pabrik itu kemudian berhenti beroperasi pada 1910 karena Henry Ford memusatkan produksi mobil Ford di kawasan yang lebih luas dan tersentralisasi, Highland Park Ford Plant. (Baca juga : Mengejutkan, Rekor Kecepatan SSC Tuatara Diragukan )

Setelah berhenti beroperasi pabrik itu memang tidak digunakan lagi dan akhirya dijual ke pihak swasta lain. Pada akhirnya gedung itu kemudian terlunta-lunta cukup lama dan akhirnya diambil kembali oleh Ford untuk dijadikan museum pada 2001.
Layaknya gedung yang tidak berpenghuni dan tak beraktivitas maka merebaklah kisah-kisah mistis yang ada di pabrik tersebut. Meski pun pada akhirnya Ford mengubah pabrik itu menjadi museum kisah mistis itu tetap menyertai museum yang sekarang lebih banyak digunakan untuk pesta perkawinan.

Banyak kisah mistis yang ada di pabrik tersebut yang membuat Detroit History Tour mengkomersilkan museum itu di malam Halloween. Pengunjung yang tertarik dengan nuansa mistis pabrik itu bisa datang merasakannya langsung dengan membayar USD70 atau setara Rp1,01 juta. Lalu apa saja penampakan yang akan mereka dapatkan?


Kisah Mistis Pabrik Mobil Ford di Amerika Dikomersialisasi


Kisah Magneto Girl


Magneto Girl kerap hadir di sudut-sudut museum. Magneto Girl diketahui bermula dari keinginan Henry Ford untuk memperkerjakan para wanita di pabrik karena ketelitiannya yang tinggi.

Saat itu Henry Ford mengapresiasi para pekerja wanita itu karena memang sangat teliti dibandingkan tenaga kerja pria. Bahkan gajinya pun disamakan. Satu hal yang sangat sulit terjadi di era itu. Karena begitu bangganya bekerja di pabrik itu, para wanita itu memiliki keterikatan yang tinggi dengan Piquette Plant. Sampai-sampai ketika mereka meninggal dunia, terkesan arwah mereka masih tetap ingin hadir di pabrik itu. "Banyak orang di museum merasa ada sosok wanita yang memerhatikan mereka ketika berada di dalam museum," ucap Sisoy-Moore, juru bicara Detroit History Tours. (Baca juga : Mitsubishi Xpander Black Edition, Simbol Identitas Edisi Terbatas )


Kisah Mistis Pabrik Mobil Ford di Amerika Dikomersialisasi


Teleskop Henry Ford
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5028 seconds (0.1#10.140)