Ini Router Pintar untuk Lancarkan Bekerja dan Belajar dari Rumah

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 19:11 WIB
loading...
Ini Router Pintar untuk Lancarkan Bekerja dan Belajar dari Rumah
TP-link melengkapi router Mercusys MW302R dengan Parental Control untuk memantau penggunaan internet oleh anak-anak. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Berinternet leluasa dan lancar menjadi kebutuhan masyarakat di masa pandemik virus Corona, karena rumah kini berfungsi sebagai kantor dan kelas. (Baca juga: Evaluasi PJJ, Ketersediaan Gawai dan Akses Internet Masih Jadi Persoalan )

Tantangannya, apakah ada perangkat jaringan internet yang cukup murah tapi canggih bisa diajak berselancar dengan cepat dan stabil? Ya, saat ini, seluruh anggota keluarga tanpa terkecuali membutuhkan jaringan internet yang stabil di setiap sudut rumah.

Marketing Manager TP-Link Indonesia , Yoshia pun menyodorkan Mercusys MW302R. Ini adalah sub-brand dari TP-Link yang menawarkan produk berkualitas dengan harga terjangkau.
Ini Router Pintar untuk Lancarkan Bekerja dan Belajar dari Rumah

"Kelebihan utamanya adalah mampu menyediakan koneksi WiFi dengan kecepatan hingga 300 Mbps, Multi-Mode, dan lainnya," kata Yoshia.

Dia menyebutkan, paket perangkat berdimensi 114 x 94 x 26 mm terdiri dari power adaptor, panduan instalasi singkat, dan kabel ethernet. Perangkat dilengkapi dua antena eksternal high-gain dengan 5dBi untuk mengirimkan sinyal WiFi yang kuat ke setiap sudut rumah, sehingga tidak ada lagi ruangan yang tidak terkena paparan WiFi.

"Ini cukup ideal digunakan untuk streaming HD, bermain game online, ataupun mengunduh data yang besar," ujar Yoshia.
Ini Router Pintar untuk Lancarkan Bekerja dan Belajar dari Rumah

Router memiliki port di bagian belakang yang terdiri dari Ethernet Ports, yakni dua port 10/100Mbps LAN Ports dan satu port 10/100Mbps WAN Port. Lalu Reset Button serta External Power Supply 5V/0.6A.

Yoshia menguatakan, ada keunggulan empat mode dalam satu perangkat yang ditawarkan Mercusys MW302R guna memenuhi semua skenario aplikasi. Masing-masing Mode Router , Mode Access Point, Mode Range Exterder, dan Mode WISP.

"Mode Router membuat jaringan nirkabel untuk semua perangkat WiFi Anda, Mode Range Extender akan memperluas jaringan WiFi Anda yang sudah ada, Mode Access Point memperluas jaringan kabel dan menjadikannya nirkabel, dan Mode WISP akan menghubungkan secara nirkabel ke jaringan ISP di area tanpa layanan kabel," paparnya.

Bagaiman dengan instalasinya? Pemasangan Mercusys MW302R sangat mudah. Tidak perlu konfigurasi yang rumit. Cukup ikuti petunjuk langkah demi langkah di halaman web intuitif untuk menyiapkan Mercusys MW302R dalam beberapa menit.
Ini Router Pintar untuk Lancarkan Bekerja dan Belajar dari Rumah

Mulai dengan membuat kata sandi login unik, lalu pilih layanan internet Anda dan masukkan informasi yang diperlukan. Kemudian setel nama jaringan nirkabel (SSID) dan kata sandi Anda. "Kemudian di perangkat router-nya pun sudah disediakan tempat seandainya Anda menggantungkan perangkat ini di dinding," ujarnya.

Menariknya, klaim Yoshia, Mercusys MW302R dilengkapi Parental Control untuk memantau penggunaan internet oleh anak-anak. Harapannya, orang tua tidak perlu cemas membiarkan anak anak bermain internet setiap hari dalam masa pandemik COVID-19 ini.

"Anda dapat membatasi penggunaan koneksi perangkat yang terhubung untuk melindungi anak dari konten negatif ataupun membatasi penggunaan pada pegawai yang sedang bekerja," ucapnya.

Selain itu, unit dilengkapi QoS (Quality of Service) di mana pengguna dapat memprioritaskan aktifitas online favorit mereka. Ataupun memprioritaskan gadget yang terhubung dengan router MW302R.

Perangkat ini didukung IPTV yang mendukung IGMP Proxy/Snooping, Bridge, dan Tag VLAN untuk mengoptimalkan streaming IPTV untuk pengalaman online superior. Juga bisa memungkinkan untuk menyesuaikan jadwal untuk mematikan WiFi Anda secara otomatis, mengatur waktu untuk mematikan LED saat Anda tidur, adanya enkripsi WPA/WPA2 menciptakan pertahanan aktif terhadap ancaman keamanan dan penyusup.

"Serta memungkinkan Anda menikmati layanan IPv6 yang disediakan oleh ISP Anda dan mengunjungi situs web IPv6," pungkasnya. (Baca juga: Planet Terkecil Ditemukan Mengambang di Galaxy Bima Sakti )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)