Diam-diam PT INKA Bukan Cuma Jago Buat Kereta Api, tapi Juga Bus Listrik

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 20:42 WIB
loading...
Diam-diam PT INKA Bukan Cuma Jago Buat Kereta Api, tapi Juga Bus Listrik
Wali Kota Madiun, Maidi, seusai mencoba kenyamanan E-Inobus keliling Kota Pendekar. Bus listrik tersebut merupakan hasil kerja keras PT INKA (Persero). Foto/Dok INKA/Pemkot Blitar
A A A
JAKARTA - Industri kendaraan listrik di Tanah Air menggeliat. Setelah MAB (Mobil Anak Bangsa) memamerkan bus listriknya, diam-diam PT Industri Kereta Api (INKA) , sudah siap memproduksi bus listrik yang dinamai E-INOBUS. INKA menggandeng Tron-E dari Taiwan untuk urusan mesin dan baterainya.

Meski baru prototype, bus listrik ukuran medium tersebut sudah langsung diminati calon penggunanya. Bukan hanya dalam negeri, E-Inobus juga sudah dipesan oleh negara lain. (Baca juga: Baterai Mobil Listrik Banyak Masalah, Ini Jawaban Nissan Indonesia )

Kini E-Inobus menjalani ujicoba dengan melayani masyarakat Kota Madiun. "Ini sarana transportasi masa depan," kata Wali Kota Madiun, Maidi, saat mencoba kenyamanan E-Inobus dengan keliling "Kota Pendekar", awal pekan ini, seperti dilansir dari laman resmi INKA.

Direktur Utama PT INKA (Persero), Budi Noviantoro, mengatakan, E-Inobus merupakan hasil kerja sama PT INKA (Persero) dengan Tron-E dari Taiwan sebagai mitra komponen drive train dan baterai bus. Sedangkan dari dalam negeri, BUMN tersebut mengajak Piala Mas dari Malang untuk urusan pembuatan bodi bus listrik.(Baca juga: Tes Baterai, iPhone 12 Pro adalah Kabar Buruk Bagi Gamers )

E-Inobus telah melakukan uji landasan pada 13 Agustus 2020. Bus listrik ini diklaim telah lulus uji dengan mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) kendaraan bermotor pada 10 September 2020 di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di Cibitung, Jawa Barat.

INKA berencana memasarkan produk bus listrik E-INOBUS untuk domestik seperti PT TransJakarta. Sedangkan untuk ekspor, Pemerintah Kongo menyatakan tertarik setelah mencoba produk ini pada pekan sebelumnya.

Perusahaan telah mengembangkan produk-produk padat teknologi. Selain kereta api, INKA juga sudah mengembangkan karoseri bus dan AC untuk kereta api. (Baca juga: Persaingan Pusat Belanja Saat Pandemi Akan Kian Sengit )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)