Samsung Siap Umumkan Chipset Exynos Penantang Snapdragon 875

Senin, 02 November 2020 - 04:42 WIB
loading...
Samsung Siap Umumkan Chipset Exynos Penantang Snapdragon 875
Samsung Exynos 1080 adalah penantang berat Snapdragon 875. Chipset Qualcomm dengan pengecoran yang sama ini juga akan diumumkan pada akhir 2020. Foto/Ist
A A A
SEOUL - Samsung saat ini sedang mengerjakan banyak chipset baru untuk smartphone generasi berikutnya. Publik seluler, di antaranya, telah mendengar tentang SoC Exynos 1080 dan Exynos 2100 selama beberapa bulan terakhir. (Baca juga: Dua Ponsel Sudah Antre Gunakan Jasa Chipset Samsung Exynos 1080 )

Kedua chipset tersebut termasuk dalam kategori flagship atau top-end. Nah, sepertinya raksasa Korea Selatan itu sudah siap mengungkap SoC Exynos 1080 di Shanghai, China.

Samsung kini telah mengumumkan peluncuran chipset di saluran resmi Weibo Exynos. Merek telah mem-posting gambar teaser yang dengan jelas menyebutkan Exynos 1080. Selain itu, gambar tersebut juga mengungkapkan tanggal peluncuran yang ditetapkan pada 12 November. Ini bukan pertama kalinya kita mendengar tentang chipset dari raksasa Korea tersebut.

Awal bulan ini, sebut Giz China, Samsung mem-posting video dengan tema "Inovasi yang Menginspirasi dan Pedang Giat 2030" di akun Exynos-nya. Video tersebut mengungkapkan bahwa chipset tersebut akan dirilis pada paruh kedua tahun ini.

Semua yang Kita Tahu tentang Exynos 1080
Seperti yang disebutkan sebelumnya, chipset Exynos 1080 akan menjadi penawaran andalan perusahaan untuk perangkat Galaxy-nya.

Exynos 1080 SoC akan diproduksi melalui proses fabrikasi 5nm, menjadikannya chip pertama perusahaan yang menggunakan proses 5nm. Chipset A14 Bionic terbaru Apple juga menggunakan proses fabrikasi yang sama.

Karena kita sedang melihat proses 5nm, maka diharapkan SoC menampilkan konsumsi energi yang rendah bersamaan dengan kinerja yang lebih tinggi. Exynos 1080 terdiri dari empat inti besar Cortex-A78 bersama dengan empat inti kecil Cortex-A55.

Untuk grafis, chipset tersebut akan menggunakan GPU Mali-G78. Awal bulan ini, hasil pertama dari benchmark AnTuTu dari chipset tersebut muncul di web.

Dalam benchmark tersebut, chipset berhasil mencetak 693.600 poin mengungguli smartphone yang ditenagai chipset Snapdragon 865 dan 865+. Ini berarti chipset berhasil menduduki puncak grafik peringkat AnTuTu yang mengesankan datang dari Samsung.

Karena tak salah jika menyebut Exynos 1080 adalah penantang berat Snapdragon 875 . Chipset dengan pengecoran yang sama ini juga akan diumumkan Qualcomm pada akhir tahun ini.

Samsung belakangan ini banyak dikritik karena memasukkan chipset Exynos pada perangkat andalannya. Chipset Exynos kelas atas saat ini memiliki performa minus dibandingkan penawaran andalan Qualcomm.

Dengan peluncuran Snapdragon 865+, kesenjangan kinerja telah melebar secara drastis. Akan menarik untuk melihat seberapa baik kinerja chipset Exynos 1080 dalam penggunaan nyata. (Baca juga: Kapal KKP Kejar-kejaran dengan Kapal Patroli Vietnam di Laut Natuna Utara )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1822 seconds (0.1#10.140)