Mobil Kebanggaan Rusia Rayakan Produksi 30 Juta Unit

Senin, 02 November 2020 - 06:45 WIB
loading...
Mobil Kebanggaan Rusia Rayakan Produksi 30 Juta Unit
Avtovaz, mobil kebanggaan Rusia merayakan ulang tahun ke-50 dan produksi yang mencapai 30 juta unit. Foto / IST
A A A
RUSIA - Perusahaan mobil nasional Rusia, AvtoVAZ merayakan dua capaian istimewa tahun ini. Perusahaan mobil yang juga dikenal dengan nama Lada itu merayakan ulang tahun mereka yang ke-50. Di saat yang bersamaan mereka juga bahagia karena berhasil memproduksi 30 juta unit mobil yang sangat dibanggakan warga Rusia.

Disebutkan CarAdvice, AvtoVAZ pertama kali beroperasi pada April 1970. Saat itu di pabrik Togliati, mereka memproduksi enam unit mobil sedan Lada 2101 Zhuguli. Dua mobil tampil dengan warna biru sedangkan empat mobil lainnya diberikan warna merah. Kedua warna itu merepresentasikan warna bendera Rusia. (Baca juga : Analis : Sorry Indonesia, Thailand Lebih Menarik buat Investor )

Pabrik Togliati sendiri pernah jadi pusat perhatian dunia. Pasalnya pabrik itu pernah tercatat sebagai pabrik terbesar di dunia karena berdiri di atas lahan seluas 600 hektar. Total karyawan yang bekerja di pabrik bahkan mencapai 37.000 orang.

Saat ini AvtoVAZ masih merupakan perusahaan otomotif terbesar di Rusia. Mereka sendiri berhasil mendominasi penjualan otomotif di negara itu dengan market share sebesar 20 persen.

AvtoVAZ diketahui saat ini memproduksi enam mobil yang masih berjalan yakni Vesta, Xray, Granta, Largus, Niva dan 4x4. Model Niva kali ini hadir dengan varian bernama Chevy Niva dimana mobil itu merupakan proyek kolaborasi antara Chevrolet dan AvtoVAZ. (Baca juga : Mobil Terbang Buatan Belanda Dapat Izin Mengaspal di Jalan Umum )

Berbeda dengan perusahaan mobil lainnya yang sudah membuat desain mobil yang sangat atraktif. AvtoVAZ justru masih setia membuat mobil dengan desain klasik. Uniknya desain itu justru masih diterima dengan baik oleh konsumen Rusia. Bisa jadi masyarakat Rusia lebih menghargai produksi sendiri, meski sedikit kurang up to date dari segi desain, ketimbang mobil-mobil buatan negara lain.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2195 seconds (0.1#10.140)