Huawei, Samsung, dan Qualcomm Punya Chipset Jagoan Baru, Bagaimana MediaTek?

Senin, 02 November 2020 - 06:15 WIB
loading...
Huawei, Samsung, dan Qualcomm Punya Chipset Jagoan Baru, Bagaimana MediaTek?
MediaTek memaksa saingannya di AS, Qualcomm, untuk segera menyebarkan lebih banyak chipset 5G dalam segmen kelas menengah. Foto/Ist
A A A
TAIPE - Perusahaan pengecoran prosesor menjelang akhir tahun ramai-ramai mengumumkan chipset unggulan yang biasanya dibenamkan ke ponsel flagship . (Baca juga: Trump Bisa Gigit Jari, Huawei Dikabarkan Bangun Pabrik Chipset Sendiri )

Huawei telah mengumumkan Kirin 9000 sebagai otak dari ponsel andalannya, Mate 40 Series. Samsung juga telah membocorkan Exynos 1080 sebagai SoC Galaxy flagship berikutnya.

Begitu juga Qualcomm yang siap melepas Snapdragon 875 (SD875). Kini tinggal MediaTek yang belum memberikan pernyataannya guna bersaing di musim penjualan handphone 2021.

Etss, ternyata secara senyap, pabrikan chipset asal Taiwan itu sudah membangun dua SoC berbasis 5nm. Ya, MediaTek bangkit dari keterpurukan setelah bertahun-tahun kurang dianggap oleh industri seluler.

Saat itu, perusahaan tidak dapat menemukan cara untuk bersaing di segmen unggulan, dan SoC kelas menengahnya juga jauh dari kata mengesankan.

Semuanya mulai berubah dengan diperkenalkannya chipset gaming Helio G90T pada tahun lalu. Setelah kedatangan SoC gaming yang luar biasa, OEM mulai melihat kembali ke arah pembuat chip Taiwan tersebut.

Tahun ini, perusahaan menyelesaikannya dengan peluncuran jajaran chipset Dimensity yang siap 5G. Perusahaan benar-benar mengembangkan chipset yang sangat baik dengan teknologi mutakhir, kinerja kuat, efisiensi daya, dan yang lebih penting, ponsel dengannya lebih murah daripada ponsel yang menggunakan Snapdragon 765G dari Qualcomm.

Pembuat chip Taiwan itu memaksa saingannya di AS untuk segera menyebarkan lebih banyak chipset 5G untuk segmen kelas menengah. Menurut laporan terbaru, MediaTek memiliki lebih banyak chipset.

Menurut pembocor populer China, Digital Chat Station, perusahaan sedang mempersiapkan dua chipset baru untuk pasar. Kedua chipset baru tersebut dikenal sebagai MT6839 dan MT6891.

Keduanya akan didasarkan pada node 5nm atau 6nm dan akan menawarkan kinerja tinggi berkat kehadiran inti ARM Cortex-A78 yang lebih kuat. Meskipun nama pemasaran chipset ini tidak diketahui, kita memiliki lebih dari cukup alasan untuk percaya bahwa mereka akan memasuki jajaran Dimensity yang sangat sukses.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6674 seconds (0.1#10.140)