Sadis, Penipu Ini Koleksi 240 Mobil Sport Hingga Klasik

Selasa, 03 November 2020 - 04:07 WIB
loading...
Sadis, Penipu Ini Koleksi 240 Mobil Sport Hingga Klasik
Sebanyak 240 mobil milik Najeeb Khan telah dijual untuk mempertanggungjawabkan kejahatannya. Foto / Sothebys
A A A
SOTHEBYS - Najeeb Khan, mantan CEO Interlogic Outsourcing, yang kemudian divonis oleh pengadilan di Amerika bersalah atas tindakan penipuan investasi memiliki koleksi mobil yang sangat luar biasa. Total ada 240 mobil yang dia miliki mulai dari mobil sport hingga mobil klasik yang benar-benar sulit untuk dimiliki.

Salah satu mobil sport yang paling unik adalah Ford GT Heritage Edition tahun 2006. Mobil ini istimewa karena sebelumnya dimiliki oleh Wayne Gretky, atlet hoki es terkenal. Untuk mobil klasik yang paling sadis adalah Cooper-Jaguar T38 Mk II yang diproduksi tahun 1955. Mobil ini diproduksi hanya sebanyak tiga unit di dunia. Catatan itu makin impresif karena Cooper-Jaguar T38 Mk II memiliki prestasi balap yang mengesankan. (Baca juga : Penantian Van Listrik Pertama di Indonesia Terus Tertunda )

Sadis, Penipu Ini Koleksi 240 Mobil Sport Hingga Klasik


Itu baru dua mobil yang memiliki catatan menarik. Hampir seluruh 240 mobil yang dimiliki oleh Najeeb Khan merupakan mobil-mobil yang sangat luks, prestisius dan langka. Hanya saja Najeeb Khan harus melepas seluruh 240 mobil itu. Pasalnya tahun lalu dia dinyatakan bersalah karena dinyatakan bersalah karena penipuan investasi yang dilakukan perusahaannya, Interlogic Outsourcing.

Saat itu kerugian atas tindakan penipuan Najeeb Khan mencapai USD340 juta atau setara Rp4,92 triliun. Pengadilan kemudian memerintahkan Najeeb untuk membayar semua kerugian itu. Awalnya Najeeb mencoba membayar dengan menjual perusahaan yang dia miliki. Hanya saja penjualan perusahaan itu tidak bisa menutup semua kerugian yang ada.

Dia kemudian menjual semua properti yang dia miliki. Karena belum cukup akhirnya pengadilan mengambil seluruh koleksi mobil yang dia miliki dan mengirimnya ke balai lelang untuk dijual. Dari situlah ketahuan Najeeb Khan memiliki koleksi mobil yang fantastis. Tercatat ada 240 mobil yang dia miliki yang dia simpan di garasi khusus yang sangat luas. (Baca juga : Difabel Nyetir Mobil, India Menghambat, Afsel All Out Membantu )



Disebutkan Carbuzz hasil lelang ke-240 mobil itu menghasilkan pendapatan sebesar USD44.385.420 atau setara Rp642,5 miliar. Angka ini memang tidak mencukupi untuk menutup kerugian atas penipuan Najeeb Khan. Hanya saja pengadilan dan balai lelang justru mengatakan angka itu melewati ekspektasi mereka. Apalagi yang ikut lelang mencapai 2.500 orang dari 53 negara di dunia. Bahkan pebalap legendaris Scuderia Ferrari, Umberto Maglioli ikutan lelang dan berhasil membawa pulang Mercedes-Benz 300 SL Gullwing tahun 1955.

Salah satu bintang dari lelang itu adalah mobil klasik Ferrari 225 S Berlineta by Vignale tahun 1952 yang terjual USD2,810 juta atau setara Rp40,6 miliar. Mobil ini diproduksi hanya sebanyak 21 unit dan memiliki catatan balap yang impresif karena pernah menang di ajang 12 Hours of Casablanca, Monaco Gand Priz 1952, dan Mille Miglia di 1952.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3949 seconds (0.1#10.140)