Menakar Kemungkinan Volkswagen Golf Terbuas Masuk ke Indonesia

Selasa, 03 November 2020 - 13:42 WIB
loading...
Menakar Kemungkinan Volkswagen Golf Terbuas Masuk ke Indonesia
Edisi terakhir Volkswagen Golf R diproduksi pada 2017. Per 4 November nanti Volkswagen Golf terbuas hadir dengan wajah baru. Foto / Netcarshow
A A A
JAKARTA - Volkswagen baru-baru ini membuat kejutan dengan meluncurkan teaser Volkswagen Golf paling kencang, Volkswagen Golf R. Rencananya mobil itu akan meluncur secara global pada 4 November.

Lalu bagaimana peluangnya masuk ke Indonesia? Heri Noverino, Marketing and Public Relations Manager PT Garuda Mataram Motor, distributor resmi Volkswagen di Indonesia mengatakan peluang masuknya Volkswagen Golf terbuas ke Indonesia hampir mustahil. Pasalnya dari segi emisi Volkswagen Golf R menerapkan regulasi emisi yang sangat tinggi. "Volkswagen Golf R itu sudah Euro6 jadi sangat tidak comply jika masuk ke Indonesia," ucap Hery Noverino. (Baca juga : Mengejutkan, Akhirnya Lamborghini Mencoba Main TikTok )

Menakar Kemungkinan Volkswagen Golf Terbuas Masuk ke Indonesia


Dia mengatakan dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, PT Garudah Mataram Motor pernah merasakan pengalaman buruk ketika memasarkan mobi yang regulasi emisinya lebih tinggi dibanding regulasi emisi yang diterapkan di Indonesia. Contohnya saat mereka membawa Volkswagen Caravelle baru yang juga sudah mengadopsi regulasi Euro6. Begitu masuk ke Indonesia banyak konsumen mobil itu mengeluh karena mesinnya mengalami kerusakan.

Dari situlah mereka tidak lagi berani berspekulasi mendatangkan mobil yang mesinnya sudah mengadopsi regulasi Euro yang lebih tinggi. Termasuk Volkswagen Golf R sekali pun yang memang mendapatkan perhatian besar dari penggemarnya. "Sulit untuk membawa ke pasar Indonesia kalau regulasi emisinya masih rendah," jelasnya. (Baca juga : Menarik, Ford Upayakan Buat Mobil Listrik Harga Rp289 Juta )

Diketahui, untuk pemanasan Volkswagen memang sudah merilis teaser Volkswagen Golf R. Berkaca pada sejarah, huruf R dalam keluarga Golf memang selalu menandakan spesies paling gahar. Bermula dari Golf R32 pada 2002 dengan mesin VR6 yang sanggup memuntahkan tenaga 241 PS. Saat itu jelas jadi anggota terkuat di keluarga generasi keempat (Mk4). Juga paling canggih lantaran transmisi dual-clutch (DSG) milik VW mejeng pertama kali di model ini – mengantarkan tenaga menuju keempat roda.

Singkat cerita ke basis Mk7, Golf R kemudian sukses menembus batas potensi 300 PS. Perlu diketahui, dorongan berasal dari pemacu empat silinder 2,0 liter turbo. Jantung enam silinder sendiri sudah dipensiunkan sejak generasi keenam. Nah, angka 300 PS ini lah yang menjadi benchmark di versi teranyar Golf R.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2674 seconds (0.1#10.140)