KPU AS Gunakan Teknologi Ini untuk Pemungutan Suara Pilpres Amerika

Rabu, 04 November 2020 - 11:03 WIB
loading...
KPU AS Gunakan Teknologi Ini untuk Pemungutan Suara Pilpres Amerika
KPU atau penyelenggara pemungutan suara Pilpres Amerika Serikat menggunakan teknologi untuk menyukseskan pesta demokrasi rakyat Paman Sam. Foto/Ist
A A A
WASHINGTON - Rakyat Amerika Serikat tengah menggikuti Pilpres 2020 guna menentukan siapa presidennya lima tahun ke depan, apakah Joe Biden dari Partai Demokrat atau Donald Trump dari Partai Republik?

Dikenal sebagai negara maju, rakyat AS menentukan suaranya melalui perangkat teknologi. Meski demikian, tetap saja ada yang menggunakan teknologi lama. (Baca juga: Beri Suara, Melania Trump Modis Kenakan Gaun Gucci dan Tas Hermes )

Berdasarkan penelusuran SINDOnews, jenis peralatan pemungutan suara yang digunakan di Amerika Serikat berbeda-beda di setiap negara bagian. Beberapa yuridiksi menggunakan perangkat elektronik untuk mencatat suara, sementara yang lain masih menggunakan metode lawas yakni dengan kertas suara. (Baca juga: Biden Kian Kuat dengan 131 Suara Electoral, Trump 109 Suara )

Berikut jenis teknologi yang digunakan pada pemungutan suara di Amerika Serikat:

1. Sistem pemungutan suara kertas
Para pemilih menandai suara mereka dengan mengisi oval, kotak, atau bentuk serupa pada kertas suara. Surat suara dipindai di tempat pemungutan suara setempat atau di pusat.

2. Directing recording electronic (DRE)
Sistem perekaman elektronik langsung atau DRE merupakan sistem pemungutan suara yang menggunakan komputer yang merekam langsung ke dalam memori komputer.

Cara ini mencatat suara melalui tampilan surat suara yang dilengkapi komponen mekanis atau elektro-optik yang dapat diaktifkan oleh pemilih (biasanya tombol atau layar sentuh).

Kemudian yang data akan diproses melalui program komputer dan perekaman data pemungutan suara, serta gambar surat suara dalam disimpan oleh komputer pada kartrid atau hard drive.

Beberapa sistem DRE juga dilengkapi pencetak Voter-Verified Paper Audit Rail (VVPAT) yang menghasilkan catatan kertas yang dapat disimpan untuk ditabulasi dalam audit atau penghitungan ulang.

Sistem juga dapat menyediakan cara untuk mengirimkan surat suara individu atau total suara ke lokasi pusat. Ini untuk mengonsolidasikan dan melaporkan hasil dari daerah di lokasi pusat.

3. Ballot-marking devices and systems (BMDs)
Perangkat dan sistem penandaan suara atau BMD memungkinkan penyajian surat suara elektronik, pemilihan elektronik yang valid, dan produksi surat suara yang dapat dibaca manusia.

Awalnya teknologi ini digunakan terutama untuk mengakomodasi pemilih penyandang disabilitas. Namun sekarang BMD digunakan oleh semua pemilih di beberapa lokasi.

Secara umum, perangkat penandaan surat suara tidak menyimpan atau membuat tabulasi surat suara, tapi hanya memungkinkan pemilih mencatat suara pada surat suara yang kemudian disimpan dan ditabulasi di tempat lain. (Baca juga: Barisan Perusahaan Teknologi yang Mau Jadi Pahlawan Penyelamat Huawei )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2792 seconds (0.1#10.140)