Facebook dan Instagram Akan Bantu Umumkan Hasil Akhir Pilpres AS

Jum'at, 06 November 2020 - 19:02 WIB
loading...
Facebook dan Instagram Akan Bantu Umumkan Hasil Akhir Pilpres AS
Calon Presiden AS Joe Biden dan Donald Trump. FOTO/ Omnarama
A A A
NEW YORK - Facebook berencana untuk menempatkan nama pemenang Pilpres Amerika Serikat di aplikasi Facebook dan Instagram. (Baca: Panik dengan Hasil Pilpres AS, Donald Trump Jr Serukan Perang Total )

Pengumuman tersebut akan dilakukan melalui notifikasi kedua aplikasi, setelah hasil Pilpres diproyeksikan oleh media.(Baca juga: Pangeran Arab Saudi: Jika Jadi Presiden AS, Biden seperti Trump Pro-Israel )

Menurut juru bicara Facebook Tom Reynolds, perusahaan juga akan melabeli postingan kandidat presiden dengan tautan ke pusat informasi pemungutan suara.

"Perusahaan berencana menunjukkan nama kandidat dalam notifikasi bagian atas Facebook dan Instagram," kata Reynolds dalam email kepada The Verge, Jumat (6/11/2020).

Ia lebih lanjut mengatakan, notifikasi tersebut berbunyi "Pemenang Pilpres telah Diproyeksikan - (nama kandidat) adalah pemenang Pilpres AS 2020."

Facebook akan mengandalkan opini mayoritas dari Reuters serta meja keputusan independen di outlet media besar seperti ABC News, CBS News, Fox News, NBC News, CNN, dan The Associated Press guna menentukan kapan pemenang pilpres AS diproyeksikan.

Reynolds mengatakan, Facebook sudah melihat banyak klaim yang tidak akurat tentang pilpres. Hal ini seiring dengan penghitungan suara di beberapa negara bagian yang masih terus berlangsung sejak kemarin.

Ia menambahkan, ada banyak klaim dengan "keterlibatan rendah" di platformnya.

"Kami mengambil langkah sementara tambahan yang telah kami diskusikan sebelumnya untuk mencegah konten ini menjangkau lebih banyak orang," tuturnya.

Dalam pernyatan tersebut, Facebook menyanggah klaim tentang pemberian suara. Media sosial terbesar di dunia ini juga membatasi distribusi live streaming di Facebook terkait Pilpres.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)