Begini Tren Belanja Online Selama Wabah COVID-19 dan Ramadhan

Sabtu, 09 Mei 2020 - 16:00 WIB
loading...
Begini Tren Belanja Online Selama Wabah COVID-19 dan Ramadhan
Shopee melihat adanya peningkatan permintaan sebesar hampir 3X lipat untuk produk hand sanitizer. Begitu juga dengan masker kain selama satu bulan pertama penerapan PSBB. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Setelah diberlakukannya imbauan physical distancing, terdapat perubahan tren perilaku berbelanja di tengah rutinitas baru yang terpusat di rumah. Untuk itu, Shopee mencatatkan beberapa tren pada platform e-commerce selama masa physical distancing.

Kebutuhan pokok menjadi pencarian utama masyarakat Indonesia dari awal imbauan physical distancing diberlakukan. Karena masyarakat cenderung berbelanja secara online untuk kebutuhan esensial dan perlengkapan rumah, mitra brand dan penjual di kategori Perlengkapan Rumah, Makanan & Minuman, serta Kebutuhan Ibu & Bayi mendapatkan lonjakan permintaan dari para pengguna Shopee.

Meningkatnya upaya penerapan kebijakan physical distancing saat ini juga telah menghasilkan peningkatan atas kebutuhan sanitasi. Ini mengindikasikan produk kesehatan sebagai kategori yang paling banyak dibutuhkan.

Sebagai contoh, Shopee melihat adanya peningkatan permintaan sebesar hampir 3X lipat untuk produk hand sanitizer. Begitu juga dengan masker kain selama satu bulan pertama penerapan imbauan physical distancing dari pemerintah.

"Kami melihat lebih banyak masyarakat memilih berbelanja online untuk memenuhi berbagai kebutuhan esensialnya, mulai dari perlengkapan rumah, produk-produk kesehatan, hingga perlengkapan ibu dan bayi," kata Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (9/5/2020).

Shopee mencatat, produk kecantikan, muslim fashion, dan handphone dan aksesoris menjadi kategori terpopuler selama memasuki bulan Ramadhan.

Tak hanya itu produk-produk pada kategori dekorasi rumah dan home & living melonjak. Sebab kegiatan dipusatkan di rumah selama bulan Ramadhan tahun ini.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4267 seconds (0.1#10.140)