Mana yang Lebih Menguntungkan, Bangun PC Game atau Beli Xbox Series X?

Minggu, 08 November 2020 - 20:30 WIB
loading...
Mana yang Lebih Menguntungkan, Bangun PC Game atau Beli Xbox Series X?
Membeli Xbox Series X ternyata lebih menguntungkan ketimbang membangun PC dengan kemampuan yang sama. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Cepat atau lambat, banyak pemain game akan bertanya-tanya, mana yang lebih menguntungkan mereka: Apakah membeli konsol game atau membangun komputer dengan kinerja serupa? (Baca juga: Laris Manis, Wabah Virus Corona Bawa Berkah untuk Sony PS5 dan Xbox X Series )

Yang pertama adalah solusi yang sangat terspesialisasi, tapi lebih terjangkau. Kisaran tugas yang dilakukan pada PC jauh lebih luas, tapi komputer yang lengkap juga lebih mahal.

Saat membandingkan Xbox Series X terbaru dengan PC berkinerja serupa, kita harus membayar setidaknya 70% lebih banyak untuk yang terakhir. Tapi ini juga bukan masalah terbesar.
Mana yang Lebih Menguntungkan, Bangun PC Game atau Beli Xbox Series X?

Untuk membangun PC dengan kinerja Microsoft Xbox Series X, Anda harus mengeluarkan uang untuk prosesor delapan inti yang bagus dari tingkat Ryzen 7 3700X (perangkat ini setidaknya dibanderol Rp4,3 juta di AS), sebuah SSD dengan PCIe 4.0 antarmuka (harganya Rp2,8 juta) dan membeli kartu video seperti Radeon RX 6800 (Rp8,2 juta).

Radeon RX 6800 akan dijual dalam 10 hari ke depan dan jelas akan kekurangan pasokan. GeForce RTX 3080 sendiri telah lama kekurangan pasokan, yang akan terus dalam kondisi yang sama selama lebih dari satu bulan. Anda tentu saja dapat membeli kartu video dengan pembayaran lebih besar dari spekulan, tapi kemudian biaya perakitan akan meningkat lebih membengkak lagi. Dan harus diingat, motherboard, casing, sistem pendingin, catu daya belum dihitung.
Mana yang Lebih Menguntungkan, Bangun PC Game atau Beli Xbox Series X?

Secara umum, merakit komputer yang performanya mirip dengan Xbox Series X merepotkan dan mahal. Oleh karena itu, bagi pengguna yang hanya mengandalkan game dan tugas multimedia, ada baiknya untuk melihat lebih dekat konsol game tersebut. (Baca juga: PSBB Transisi Diperpanjang 14 Hari, Anies: Jakarta Menuju Kategori Aman )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)