Buruan Beli Baru, Android Lawas Mulai Tahun Depan Tak Bisa Akses Website

loading...
Buruan Beli Baru, Android Lawas Mulai Tahun Depan Tak Bisa Akses Website
Ilustrasi beragam ponsel lawas. FOTO/ IST
B - Bagi Anda para pengguna ponsel Android lawasada baiknya segera memperbarui perangkat ke versi yang lebih baru. (Baca juga: LTMPT: ITB Puncaki Nilai UTBK Tertinggi di SBMPTN 2020)

Pasalnya menurut laporan Android Police, Otoritas Sertifikat Let’s Encrypt memperingatkan bahwa ponsel yang menjalankan versi Android sebelum 7.1.1 Nougat tidak akan akan mendapat sertifikasi keamanan Let's Encrypt mulai 2021. (Baca juga: Kemendikbud Tegaskan Klasterisasi Perguruan Tinggi Bukan Kompetisi)

Saat ini sebagian besar web sekarang menggunakan HTTPS untuk mengirimkan informasi dengan aman dan itu semua berkat dorongan dariGoogle.

Namun, ini berarti bahwa banyak situs web dapat mengalami masalah atau gagal memuat seluruhnya jika sertifikat yang tepat tidak diinstal pada perangkat. Hal ini lah yang akan terjadi pada perangkat Android lawas mulai tahun depan.



Let's Encrypt adalah salah satu otoritas sertifikat terkemuka di dunia, dan sertifikat grup digunakan oleh sekitar 30% dari semua domain web.

Dikutip dari Android Police, Selasa (10/11/2020), organisasi akan menghentikan cross-signing default untuk sertifikat pada 11 Januari 2021. Selanjutnya, kemitraan cross-signing akan dihentikan sepenuhnya pada 1 September 2021.

Artinya bahwa semua browser dan sistem operasi tanpa sertifikat Let's Encrypt tidak akan lagi bekerja dengan situs dan layanan yang menggunakan sertifikat grup.



Satu-satunya solusi untuk perangkat Android lawas adalah memasang browser Firefox, yang menggunakan penyimpanan sertifikatnya sendiri yang menyertakan ISRG. Namun, ini tidak mencegah aplikasi dan fungsi lain di luar browser rusak.
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top