8 Destinasi Keren yang Bisa Dijelajahi Wisatawan Super Tajir di Planet Mars

Rabu, 11 November 2020 - 18:19 WIB
loading...
8 Destinasi Keren yang Bisa Dijelajahi Wisatawan Super Tajir di Planet Mars
Bagi para penjelajah luar angkasa, dalam hal ini, wisatawan supertajir, ada beberapa lokasi yang bisa mereka kunjungi saat menjelajah Planet Mars. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Banyak negara mulai mengalihkan perhatiannya dari Bulan ke Mars guna mencari planet alternatif bagi umat manusia. Planet ini kondisinya sangat kontras, ada gunung berapi besar, ngarai yang dalam, dan kawah yang mungkin menampung air yang mengalir atau tidak. (Baca juga: Ellon Musk Ungkap SpaceX Sudah Siapkan Starship Rute Bumi - Planet Mars PP )

Jika terbukti layak huni, maka sejumlah tempat akan menjadi lokasi yang luar biasa untuk dijelajahi oleh para wisatawan luar angkasa di masa depan. Dilansir dari Space.com, terdapat delapan (8) lokasi yang bisa dikunjungi oleh wisatawan luar angkasa di masa depan.

1. Olympus Mons
8 Destinasi Keren yang Bisa Dijelajahi Wisatawan Super Tajir di Planet Mars

Foto/Tim Sains NASA/MOLA


Olympus Mons adalah gunung berapi paling ekstrim di tata surya. Terletak di wilayah vulkanik Tharsis, ukurannya hampir sama dengan negara bagian Arizona, menurut NASA. Tingginya yang mencapai 16 mil (25 kilometer) membuatnya hampir tiga kali tinggi Gunung Everest di Bumi, yang tingginya sekitar 5,5 mil (8,9 km).

Olympus Mons adalah gunung berapi perisai raksasa, yang terbentuk setelah lava perlahan merayap menuruni lerengnya. Ini berarti bahwa gunung tersebut mungkin mudah bisa didaki oleh penjelajah masa depan, karena kemiringan rata-rata hanya 5%.

Di puncaknya terdapat depresi spektakuler selebar 85 kilometer, yang dibentuk oleh ruang magma yang kehilangan lava (kemungkinan besar selama letusan) dan runtuh.

2. Gunung Berapi Tharsis
8 Destinasi Keren yang Bisa Dijelajahi Wisatawan Super Tajir di Planet Mars

Gunung berapi Tharsis. Foto/NASA/JPL

Saat Anda mendaki di sekitar Olympus Mons, ada baiknya Anda melihat-lihat beberapa gunung berapi lain di wilayah Tharsis. Menurut NASA, Tharsis menampung 12 gunung berapi raksasa di zona selebar sekitar 2.500 mil (4.000 km). Seperti Olympus Mons, gunung berapi ini cenderung lebih besar daripada yang ada di Bumi. Hal ini mungkin terjadi karena Mars memiliki tarikan gravitasi yang lebih lemah yang memungkinkan gunung berapi tumbuh lebih tinggi.

Gunung berapi ini mungkin telah meletus selama dua miliar tahun, atau setengah dari sejarah kehadiran Mars. Gambar di sini menunjukkan wilayah Tharsis timur, seperti yang dicitrakan oleh Viking 1 pada tahun 1980.

Di kiri, dari atas ke bawah, Anda dapat melihat tiga gunung berapi pelindung yang tingginya kira-kira 25 km, yaitu Ascraeus Mons, Pavonis Mons, dan Arsia Mons. Di kanan atas adalah gunung berapi perisai lain yang disebut Tharsis Tholus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2329 seconds (0.1#10.140)