Honda X-ADV Generasi Kedua Diluncurkan, Fungsionalitas Bertambah, Tenaga Makin Liar

Rabu, 11 November 2020 - 16:50 WIB
loading...
Honda X-ADV Generasi Kedua Diluncurkan, Fungsionalitas Bertambah, Tenaga Makin Liar
Honda X-ADV 750 generasi kedua akhirnya resmi meluncur. Skutik adventure ini hadir dengan fungsionalitas tinggi dan tenaga yang makin besar. Foto / Honda
A A A
TOKYO - Honda Motor baru saja merilis secara resmi skutik petualang mereka Honda X-ADV generasi kedua. Tidak main-main perubahan yang diberikan pada skutik adventure itu tidak hanya bersifat kosmetik tapi perubahan yang menyeluruh sehingga membuat skutik ini jadi lebih menarik. Salah satunya adalah badan motor yang kini lebih ringan 3 kilogram ketimbang Honda X-ADV generasi pertama. (Baca juga : Asyik Nih, BMW Akhirnya Buat Fitur Baru AntiTilang Polisi )


Untuk mesin, Honda memang masih mempertahankan mesin lawas yakni mesin parallel-twin liquid-cooled dengan kapasitas silinder 745 cc. Yang menarik mesin ini justru sudah dipermak Honda hingga bisa menambah 3 tenaga kuda dari tenaga kuda mesin lama. Kini mesin tersebut bisa menggelontorkan 57,8 tenaga kuda di kitiran 6.750 RPM dan torsi maksimal 69 Nm di kitiran 4.750 RPM. Honda mengklaim motor ini juga menjadi motor petualang yang sadar lingkungan kaena sudah mengadopsi sistem emisi Euro 5.

Honda X-ADV Generasi Kedua Diluncurkan, Fungsionalitas Bertambah, Tenaga Makin Liar


Untuk transmisi, Honda juga melakukan revisi dimana transmisi kopling ganda enam percepatan kini jadi lebih mampu menghadirkan sensasi akselerasi cepat di gigi bawah. Sementara saat transmisi berada di gigi atas, Honda berupaya menjaga putaran mesin agar mampu mempertahankan efisiensi bahan bakar.

Pengendalian motor yang dibekali dengan fitur ride-by-wire memungkinkan pengendara skutik ini memilih lima mode berkendara yakni Standard, Sport, Rain, Gravel dan User. Di empat mode pertama, penyaluran tenaga, engine braking, kontrol traksi dan ABS telah diatur sedemikian rupa alias tidak bisa diutak-atik. Namun di mode User, pengendara bisa mengatur kontrol traksi yang mereka sukai lewat tiga pilihan level traksi. (Baca juga : Satu Abad, Mazda Kasih Kado 20 Mobil Edisi Terbatas untuk Indonesia )

Honda X-ADV Generasi Kedua Diluncurkan, Fungsionalitas Bertambah, Tenaga Makin Liar


Dari segi desain, motor ini masih mempertahankan desain yang pertama kali dihadirkan Honda lewat motor konsep Honda X-ADV Concept. Mungkin Anda seakan tidak bisa membedakan antara Honda X-ADV generasi pertama dan Honda X-ADV generasi kedua. Namun di motor generasi kedua itu Honda membuatnya jauh lebih agresif sekaligus futuristis. Pemasangan lampu utama LED yang berpadu manis dengan Daytime Running Light (DRL) LED membuat motor ini menjadi skutik petualangan yang sangat modern dan mewah.

Honda X-ADV Generasi Kedua Diluncurkan, Fungsionalitas Bertambah, Tenaga Makin Liar


Nah dari sisi fungsionalitas, motor ini mengalami perubahan desain jok motor. Jok motor dibuat lebih melekuk ke dalam dengan tujuan membuat pengendara yang tidak memiliki postur tubuh tinggi masih bisa menjejakkan kaki dan mengendalikan motor dengan nyaman.

Fungsionalitas lainnya juga bertambah dengan hadirnya bagasi yang lebih besar yakni 22 liter. Bagasi itu bisa menyimpan helm full face tanpa kesulitan. Selain itu kemampuan glove box Honda X-ADV juga ditingkatkan yang kini bisa menyimpan botol minuman sebesar 1,2 liter. Di glove box itu Honda juga mengganti socket listrik 12 V yang biasa digunakan untuk mengisi ulang baterai ponsel pintar dengan USB Port. Jadi pengendara tidak perlu repot-repot mencari alat tambahan hanya untuk mengisi ulang ponsel pintarnya. Tinggal colok kabel ke USB Port maka baterai ponsel pintar langsung terisi ulang.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2062 seconds (0.1#10.140)