Anti-Cahaya Rendah, Kamera Leica Q2 Monochrom Dijual Rp85 Juta, Minat?

Rabu, 11 November 2020 - 20:14 WIB
loading...
Anti-Cahaya Rendah, Kamera Leica Q2 Monochrom Dijual Rp85 Juta, Minat?
Seperti halnya setiap kamera Leica, masalah utamanya selalu pada harganya. Leica Monochrom Q2 dibanderol Rp85 juta atau lebih mahal Rp14 jutaan dari versi standar. Foto/Ist
A A A
TOKYO - Leica meluncurkan kamera monokrom terbarunya, Q2 Monochrom . Sebuah varian dari Q2 standar yang diluncurkan tahun lalu, Q2 Monochrom memiliki sensor monokrom full-frame 47,3 megapiksel (MP) yang dirancang khusus. ( Baca juga: Canon EOS 850D, Kamera DSLR Entry-Level dengan Segudang Fitur Semi-Pro )

Sensor baru ini digabungkan dengan Summilux 28mm f/1.7 ASPH yang sama, lensa prima dari standar Leica Q2. Itu adalah lensa tetap, sehingga membatasi fleksibilitas, terutama karena ini juga lensa prima, meskipun kamera memang menawarkan mode potong untuk memperbesar subjek Anda saat kehilangan beberapa resolusi.
Anti-Cahaya Rendah, Kamera Leica Q2 Monochrom Dijual Rp85 Juta, Minat?

Monochrom Q2 mampu menghasilkan IS 100.000 berkat sensor monokromnya. Kamera juga memiliki sistem fokus otomatis lebih cepat yang dapat mengunci dalam 0,15 detik. Kameranya juga mampu menangkap burst 10fps pada resolusi penuh.

GSM Arena melaporkan, jika pengguna tertarik untuk merekam beberapa video monokrom, Q2 Monochrom dapat menghasilkan 4K dalam 24 dan 30fps serta 1080p dalam 24, 30, 60, dan 120fps. Namun, tidak ada headphone atau jack mikrofon.

Leica telah memodifikasi menu untuk menghapus semua pengaturan yang tidak relevan dengan kamera monokrom. Pengguna hanya mendapatkan tiga filter warna yang cocok untuk fotografi hitam putih, termasuk biru, sepia, dan selenium. Sisa kamera serupa dengan Q2 standar.

Meskipun mayoritas orang tidak melihat banyak nilai dalam kamera yang hanya memotret dalam monokrom, ada alasan untuk mempertimbangkan kamera monokrom di atas warna selain hanya estetika. Kamera monokrom tidak memiliki filter warna di atas sensor, yang memungkinkan sensor menangkap lebih banyak cahaya.
Anti-Cahaya Rendah, Kamera Leica Q2 Monochrom Dijual Rp85 Juta, Minat?

Inilah mengapa kamera monokrom memiliki kinerja cahaya rendah yang lebih baik dan jangkauan dinamis lebih baik. Gambar juga lebih bersih pada tingkat piksel karena tidak ada gangguan yang disebabkan oleh algoritme demosaicing.

Derau pada kamera monokrom juga kurang menonjol karena pada dasarnya tidak ada derau kromatik dan derau luminansi terlihat jauh lebih tidak menyinggung. Selain itu, tidak ada warna berarti tidak ada penyimpangan berwarna dan masalah terkait warna lainnya.

Hasil dari semua ini adalah keluaran sensor yang luar biasa, yang jika digabungkan dengan sensor bingkai penuh dan lensa cepat berarti pengguna mendapatkan kualitas gambar yang sangat baik. Bagi mereka yang suka memotret dalam monokrom, mendapatkan kamera monokrom khusus akan selalu memberikan hasil yang lebih baik daripada memotret dengan kamera warna dan nantinya membuat gambar monokrom.

Namun, seperti halnya setiap kamera Leica, masalah utamanya selalu pada harganya. Leica Monochrom Q2 dibanderol Rp85 juta atau lebih mahal Rp14 jutaan dari versi standar. Ini membuatnya menjadi kamera khusus daripada sebelumnya karena tidak dapat menangkap warna. (Baca juga: Dari Lyon kepada Barcelona, Depay Tidak Akan Dijual )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1969 seconds (0.1#10.140)