Honda Yakin Jadi yang Pertama Bisa Memproduksi Massal Mobil Otonom Level 3

Rabu, 11 November 2020 - 23:37 WIB
loading...
Honda Yakin Jadi yang Pertama Bisa Memproduksi Massal Mobil Otonom Level 3
Logo mobil Honda. Pabrikan Jepang ini siap menjadi yang pertama memproduksi mobil otonom level 3. Reuters/Regis Duvignau
A A A
TOKYO - Honda Motor Co, Ltd . hari ini, menyatakan, mereka akan menjadi produsen mobil pertama di dunia yang memproduksi secara massal mobil otonom level 3 . Mobil dikemas dengan sensor yang akan memungkinkan pengemudi untuk membiarkan kendaraan mereka menavigasi lalu lintas di jalan tol yang padat. (Baca juga: Gokil, New Honda CR-V Punya Honda Sensing, Opsi 4WD, Buka Bagasi dengan Kaki, dan Nyalain AC dari Luar, Ups, tapi Rilisnya di Malaysia )

"Honda berencana meluncurkan penjualan Honda Legend (sedan mewah) yang dilengkapi dengan peralatan mengemudi otomatis yang baru disetujui sebelum akhir Maret 2021," kata Honda dalam siaran pers resminya, disitat dari laman Reuters.

Perlombaan untuk membangun mobil self-driving adalah medan pertempuran teknologi utama bagi pembuat mobil . Perusahaan teknologi seperti Google Alphabet Inc juga menginvestasikan miliaran dolar AS di bidang yang diharapkan dapat meningkatkan penjualan mobil.

Pemerintah Jepang sebelumnya memberikan sertifikasi keselamatan kepada teknologi mengemudi "Traffic Jam Pilot" otonom Honda. Ini secara hukum memungkinkan pengemudi untuk mengalihkan pandangannya dari jalan.

“Mobil self-driving diharapkan memainkan peran besar dalam membantu mengurangi kecelakaan lalu lintas, menyediakan transportasi bagi para lansia, dan meningkatkan logistik,” kata Kementerian Tanah, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang.

Ada enam tingkat otonomi kendaraan, dari 0 hingga 5, mulai dari mobil manual. Atau yang memiliki fungsi sederhana seperti cruise control hingga kendaraan yang sepenuhnya dapat mengemudi dan tidak memerlukan setir, pedal rem, dan akselerasi.

Mobil level 2, yang saat ini berada di jalan umum, dapat mengontrol kecepatan dan kemudinya sendiri. Tapi tetap memiliki pengemudi yang waspada dan dapat mengambil kendali setiap saat.

Pada bulan Juli, pembuat kendaraan listrik AS, Tesla, mengatakan, mereka sudah "sangat dekat" untuk mencapai mengemudi otonom level 5. (Baca juga: Jemaah Umrah Wajib Patuhi Protokol Kesehatan Covid 19 )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2436 seconds (0.1#10.140)