Pasar Notebook Dunia Tak Terpengaruh Wabah Virus Corona

Minggu, 10 Mei 2020 - 12:04 WIB
loading...
Pasar Notebook Dunia Tak Terpengaruh Wabah Virus Corona
Penjualan notebook dunia tak terpengaruhi pandemik virus Corona yang menggoyahkan perekonomian dunia. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Strategy Analytics telah merilis laporan penelitian yang menunjukkan pada kuartal pertama tahun 2020, pengiriman PC notebook dunia sebanyak 37,9 juta unit. Artinya ada penurunan dari tahun ke tahun sebesar 2%.

Kuartal pertama 2020 sangat sulit bagi banyak industri. Tetapi pasar notebook lolos dari penurunan terburuk akibat COVID-19.

Dilansir dari Giz China, periset pasar ini mengutarakan, pasar notebook menyusut hanya minus 2% tahun-ke-tahun pada Q1 2020. Mungkin ini terkait fakta bahwa banyak yang harus bekerja dan belajar dari rumah. Dalam hal ini, tablet bukanlah solusi terbaik.

Chirag Upadhyay, Analis Riset Senior di Strategy Analytics, mengatakan, vendor notebook memiliki ketergantungan besar pada China untuk rantai pasokannya. Sehingga mereka yang tidak memiliki persediaan tinggi sebelum wabah mengalami kesulitan di Q1 pada basis globalnya.

Dari sudut pandang permintaan konsumen, vendor yang paling bergantung pada pasar domestik China mengalami penurunan terbesar. Selain itu, pasar notebook hanya menyusut -2% tahun-ke-tahun.

Dibandingkan sebagian besar segmen elektronik konsumen lainnya, Strategy Analytics melihat capaian ini harus dianggap sebagai keberhasilan dalam lingkungan yang sangat sulit.

"Kami berharap bahwa ketika COVID-19 menyebar secara global di Q2, perusahaan besar dan lembaga pendidikan akan memesan lebih banyak notebook untuk mendukung inisiatif kerja/belajar-dari-rumah di seluruh dunia," ucap Eric Smith, Direktur Connected Computing.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2695 seconds (0.1#10.140)