Wuss... Kereta Super Cepat Ungguli Kecepatan Pesawat Terbang

Sabtu, 14 November 2020 - 12:14 WIB
loading...
Wuss... Kereta Super Cepat Ungguli Kecepatan Pesawat Terbang
Kereta super cepat, Virgin Hyperloop, telah melakukan uji coba perjalanan untuk pertama kalinya. Foto/dok
A A A
Kereta super cepat , Virgin Hyperloop, telah melakukan uji coba perjalanan untuk pertama kalinya. Direktur Teknologi Virgin Hyperloop Josh Giegel dan Direktur Pengalaman Penumpang Sara Luchian menjadi orang pertama yang merasakan sensasi kereta supercepat itu. Perkembangan teknologi transportasi yang semakin pesat memberi kemudahan dan kenyamanan perjalanan bagi setiap penggunanya. Namun, ada satu hal terpenting bagi setiap pengguna transportasi umum, yaitu kecepatan.

Wuss... Kereta Super Cepat Ungguli Kecepatan Pesawat Terbang


Sejauh ini, sebagian besar masyarakat dunia menganggap bahwa transportasi udara merupakan transportasi komersial tercepat. Transportasi darat masih menempati peringkat ke-2 dan transportasi ke-3 adalah laut. Namun, anggapan itu sepertinya sudah tidak berlaku dengan hadirnya Virgin Hypeloop. (Baca: Ini Manfaat Mengonsumsi Dua Pisang Dalam Sehari)

Kereta ini memiliki kecepatan melebihi pesawat komersial yang ada saat ini. Tim Virgin Richard Branson telah melakukan uji coba Virgin Hyperloop beberapa waktu lalu untuk mendemonstrasikan keamanan utama teknologi ini. Hasil uji coba diharapkan mampu merevolusi dunia transportasi darat.

Para ilmuwan telah membangun tabung vakum atau kedap udara sepanjang 500 meter di gurun Nevada. Tabung itu digunakan sebagai jalur pod atau tempat penumpang.

Wuss... Kereta Super Cepat Ungguli Kecepatan Pesawat Terbang


Ketua Virgin Hyperloop Sultan Ahmed bin Sulayem sangat senang dengan hasil uji coba yang berjalan lancar. Ahmed dibuat seperti melihat sejarah secara langsung dengan mata kepalanya sendiri. “Kami selangkah lebih dekat untuk mengantarkan era baru pergerakan orang dan barang yang sangat cepat dan berkelanjutan,” kata Ahmed, dikutip dari Dailymail.

Di sisi lain, pendiri Virgin Group, Sir Richard Branson, mengungkapkan bahwa timnya selama beberapa tahun terakhir telah bekerja demi terwujudnya transportasi massal supercepat. Ini seakan-akan mengubah teknologi terobosan menjadi kenyataan. (Baca juga: Gelombang PHK Tak Terbendung, Pengangguran di Bekasi Melonjak)

“Dengan uji sukses ini, kami telah menunjukkan bahwa semangat inovasi ini pada kenyataannya akan mengubah cara orang di mana pun tinggal, bekerja, dan bepergian pada tahun-tahun mendatang,” kata Branson.

Perusahaan yang berkantor pusat di Los Angeles ini membayangkan masa depan di mana pod terbang mereka meluncur cepat di sekitar jaringan tabung vakum. Pod akan meluncur dengan kecepatan mencapai 966 kilometer per jam atau lebih cepat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1274 seconds (0.1#10.140)