Berdenyut 26 Detik Sekali, Ahli Sebut Bumi dalam Keadaan Genting

Minggu, 15 November 2020 - 19:02 WIB
loading...
Berdenyut 26 Detik Sekali, Ahli Sebut Bumi dalam Keadaan Genting
Ilustrasi planet bumi. FOTO/ IST
A A A
Tanda-tanda bumi semakin tua tidak terbantahkan, berdasarkan riset terbaru suara-suara misterius mulai terungkap setiap 26 detik sekali jatung bumi mulai berdetak. Suara itu membuat para ahli memperingatkan bumi dalam keadaan Kritis.



Seperti dilansir dari Unilad, umur Bumi saat ini diperkirakan mencapai 4,54 miliar tahun. Tanda-tanda kepunahan massal sudah ada di depan mata karena usia bumi semakin tua. Mulai dari punahnya satwa, tumbuhan, hingga mencairnya gunung es dan lainnya.


Mike Ritzwoller, seismolog di University of Colorado Boulder, baru-baru ini mengatakan kepada Discover Magazine bahwa begitu mereka melihat data mahasiswa pascasarjana Greg Bensen, ia dan peneliti Nikolai Shapiro tahu ada yang aneh dengan denyut nadi yang terputus-putus.

Mereka mulai bekerja, menganalisis blip dari setiap sudut yang memungkinkan, menganalisis data, memeriksa instrumen mereka, dan bahkan melakukan triangulasi sumber denyut nadi ke lokasi di Teluk Guinea, lepas pantai barat Afrika.

Ritzwoller dan timnya bahkan menggali penelitian Oliver dan Holcomb dan menerbitkan studi tentang denyut misterius pada tahun 2006, tetapi mereka tidak pernah dapat menjelaskan apa sebenarnya itu.

Satu teori menyatakan bahwa itu disebabkan oleh gelombang, sementara yang lain menyatakan bahwa hal itu disebabkan oleh aktivitas vulkanik di daerah tersebut, tetapi belum ada yang terbukti benar.

Teori gelombang berasal dari tahun 2011, ketika Garrett Euler, seorang mahasiswa pascasarjana di Universitas Washington di St.Louis, menunjukkan dengan tepat asal-usul denyut nadi ke bagian Teluk Guinea yang disebut Teluk Bonny, berteori bahwa ketika gelombang menghantam ujung benua, tekanan merusak seismik dasar laut, menyebabkan denyut yang mencerminkan pola gelombang.

Teori Euler relevan, tetapi tidak semua orang yakin olehnya. Pada tahun 2013, Yingjie Xia, peneliti dari Institut Geodesi dan Geofisika di Wuhan, Tiongkok, berteori bahwa sumber denyut 26 detik itu adalah aktivitas vulkanik. Teorinya juga masuk akal. Asal sinyalnya dekat dengan gunung berapi di Pulau Sao Tome, dan setidaknya ada satu “mikroseisme” lain di tempat lain di dunia yang memiliki beberapa kesamaan dengan yang satu ini.

Bumi adalah satu-satunya pelanet yang berpenghuni. Namun kekhawatiran mulai bermunculan, apakah bumi yang indah ini bisa menjamin tempat tinggal yang aman dan layak dimasa depan. Keadaan bumi kita saat ini sudah cukup memprihatinkan. Namun belum ada tanda-tanda perbaikan yang sepadan dengan kerusakannya.Perlu anda ketahui, jika bumi tempat kita tinggal ini sudah dalam keadaan kritis.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3387 seconds (0.1#10.140)