Nokia 9.3 PureView 5G Bisa Lakukan Apa yang Tak Bisa Dilakukan Banyak Ponsel

Minggu, 10 Mei 2020 - 17:03 WIB
loading...
Nokia 9.3 PureView 5G Bisa Lakukan Apa yang Tak Bisa Dilakukan Banyak Ponsel
Nokia 9.3 PureView 5G dikabarkan dapat melihat konsumen di Q4 2020. Handphone ini dikabarkan memiliki kamera selfie di bawah layar. Foto/Ist
A A A
HELSINKI - Setelah sukses membangun pasar smartphone Nokia dengan perangkat keras mumpuni, dukungan perangkat lunak yang baik, dan sisi harga yang kompetitif beberapa tahun lalu, HMD Global kini menaikkan levelnya di industri seluler.

Belum diketahui strategi apa yang akan digunakan Nokia untuk menarik minat konsumen ke perangkat menengah atasnya, mengingat konsumen saat ini mengalihkan perhatiannya ke mid-ranger yang ramah kantong. Belum lagi HMD Global tak memiliki model high-end yang menarik pasar saat ini.

Kondisi tersebut tentunya membuat sulit lineup Nokia menyatakan perang melawan Samsung, Apple, Huawei, Xiaomi, bahkan OnePlus.

Nokia 9.3 PureView 5G Bergabung dengan Ponsel Kaya Fotografi
Setelah kegagalan debut Nokia 9 PureView, HMD Global memutuskan fokus mempersiapkan dan menyempurnakan handset andalan berikutnya. Sayangnya pembuktian itu akan berhadapan dengan iklim ekonomi saat ini.

Pasar tentu tidak memerlukan perangkat Snapdragon 865 dan mahal lainnya seperti yang ada di market saat ini. Meskipun HMD tidak mungkin menghidupkan kembali bahasa desain Lumia, Nokia 9.3 PureView 5G terbangun seperti kuda hitam dengan sejumlah trik khusus di panelnya.

Phone Arena menyebutkan, salah satu trik itu bisa berupa perekaman video 8K pada 30 frame per detik, menurut laporan baru yang diterbitkan oleh NokiaPowerUser setelah diskusi dengan sumber dalam yang tidak disebutkan namanya. Sementara fitur ini konon belum teruji, tes internal terlihat "sangat mengesankan" dalam hal output 8K yang sebenarnya. Ini pada dasarnya meninggalkan "kamera dan algoritma pengeditan" sebagai "pekerjaan dalam proses" yang masih harus diselesaikan sebelum HMD dapat menganggap teknologi mutakhirnya siap digunakan untuk masa primetime.

Jika rumor sebelumnya dapat dipercaya, Nokia 9.3 PureView 5G dapat dilihat konsumen di Q4 2020. Ini artinya masih ada banyak waktu untuk menyelesaikan semua kelemahan dan memperbaiki kemampuan perekaman video 8K yang mendekati kesempurnaan.

Perlu diingat, fitur ini sudah ada pada ketiga anggota keluarga Samsung Galaxy S20. Juga ada pada ponsel ultra-high-end lainnya seperti LG V60 ThinQ dan Xiaomi Mi 10.

Di Atas Kertas Lebih Baik Dibandingkan Flagship Hari Ini
Pada saat yang sama, sangat penting untuk menyoroti bahwa perangkat seperti OnePlus 8 dan 8 Pro atau Motorola Edge + harus puas dengan fitur menangkap video 4K atau 6K.

Tentu saja, teknologinya bukan untuk semua orang saat ini. Karena masalah penyimpanan data dan harga TV 8K yang tinggi, tapi siapa yang tidak suka smartphone yang sudah terbukti di masa depan?

Terutama handphone yang memiliki kamera depan di bawah layar, layar refresh rate 120Hz, pengaturan pencitraan belakang lima lensa termasuk penembak sudut ultra lebar 108 MP dan kamera utama 64 MP, dan tentu saja, konektivitas 5G sebagai standar.

Sementara itu, kita masih harus melihat apakah HMD benar-benar dapat menjadi saingan yang layak bagi Samsung dan Apple. Publik seluler belum mendengar apa-apa tentang keluarga iPhone 12 yang mengintegrasikan teknologi perekaman video 8K.

Ini bisa menjadi titik awal yang baik untuk Nokia 9.3 PureView untuk menonjol di antara yang lain. Ditambah kemungkinan pendekatan desain depan no-notch dan no-hole.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)