Apple dan Google Bersatu Kembangan Teknologi 6G

Senin, 16 November 2020 - 14:54 WIB
loading...
Apple dan Google Bersatu Kembangan Teknologi 6G
ilustrasi tower seluler. internet FOTO/ Ist
A A A
JAKARTA - Ponsel 5G pertama dari Apple dan Google memang baru memasuki pasar. Tapi namanya juga teknologi, pasti akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. BACA JUGA - COVID-19 Matikan Pariwisata, Mesir Terjunkan 100 Keturunan Firaun

Kedua perusahaan raksasa tersebut kini berkolaborasi dengan perusahaan lain untuk mengembangkan internet generasi selanjutnya, 6G. BACA JUGA - Berdenyut 26 Detik Sekali, Ahli Sebut Bumi dalam Keadaan Genting

Apple dan Google, serta LG dilaporkan telah bergabung dalam grup industri 'Next G Alliance" yang memiliki tujuan memajukan kepemimpinan global Amerika Utara atas jalur evolusi 5G dan pengembangan awal 6G. JUGA - Berdenyut Cepat dan 5 Fakta Mengerikan Keadaan Bumi sedang Kritis

Aliansi tersebut juga bertujuan untuk menciptakan roadmap pengembangan yang akan mempromosikan pasar yang dinamis untuk pengenalan, adopsi, dan komersialisasi 6G dengan mempertimbangkan inovasi Amerika Utara.

Anggota pendiri grup lainnya yang dibuat oleh Alliance for Telecommunications Industry Solutions, termasuk operator AS AT&T, Verizon, US Cellular dan T-Mobile, serta Charter Communications dan operator Kanada Bell and Telus.

Microsoft, Samsung, Facebook, Cisco, Ericsson, Intel, Nokia dan Qualcomm semuanya juga anggota pendiri.

Ada satu nama yang tidak termasuk dalam daftar aliansi tersebut yakni Huawei. Padalah raksasa teknologi asal China itu menjadi pionir yang sangat terlibat dalam sisi jaringan penyebaran 5G. Laporan tahun lalu menunjukkan Huawei sudah mulai melakukan penelitian 6G-nya sendiri.

"Anggota pendiri akan diwakili oleh eksekutif bisnis senior dan ditugaskan untuk menetapkan strategi dan arahan Aliansi," demiian menurut situs NextG Alliance dikutip dari Cnet, Senin (16/11/2020).

Perusahaan yang menjadi anggota di aliansi ini dikenakan biaya keanggotaan sebesar USD20.000 untuk tahun 2021 dengan pertemuan perdana dijadwalkan berlangsung bulan ini untuk menunjuk "Dewan Pengarah."

Mereka dijadwalkan akan mulai pada awal 2021, meskipun tidak ada batas waktu kapan 6G akan memasuki pasar atau seperti apa bentuk dan penawarannya.

Teknologi baru sering kali membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berkembang, dan ini hanyalah dua dari pertanyaan yang akan coba dijawab oleh kelompok ini pada waktunya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1861 seconds (0.1#10.140)