Era Kendaraan Listrik, Volta Hadir di Indonesia Quality Expo 2020

Selasa, 17 November 2020 - 14:57 WIB
loading...
Era Kendaraan Listrik, Volta Hadir di Indonesia Quality Expo 2020
Voltas siap ramaikan pasar Motor listrik di Indonesia. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Badan Standardisasi Nasional (BSN) sukses menggelar Indonesia Quality Expo 2020 di Jogja City Mall, Yogyakarta dari mulai tanggal 12-15 November 2020.

BACA JUGA - Mirip di Palu, Fenomena Alam Menakutkan 'Likuifaksi' Guncang Irlandia

Acara yang diisi produk-produk bermutu dan berstandar juga diselenggarakan talkshow kendaraan listrik yang aman dan ramah lingkungan yang melibatkan industri, komunitas, pemerintah dan masyarakat.

BACA JUGA - Berdenyut 26 Detik Sekali, Ahli Sebut Bumi dalam Keadaan Genting

Polusi kendaraan bermotor adalah salah satu penyumbang utama kerusakan lingkungan, pemanasan global dan yang pasti berdampak buruk terhadap kesehatan. Disamping itu, konsumsi BBM yang semakin besar mengakibatkan ketersediaan BBM akan habis terekploitasi. Oleh karena itu kendaraan listrik muncul sebagai solusi. Namun seberapa aman kendaraan listrik tersebut digunakan?

CEO PT Volta I ndonesia Semesta, Willty Awan dalam wawancaranya mengungkapkan bahwa dengan menerapkan standar mutu, faktor keselamatan dan keamanan dalam penggunaan kendaraan listrik menjadi sangat terjamin.

“Dari sisi komponen tentunya masyarakat harus melihat serta memilih komponen yang memiliki standar mutu yang baik dan dapat dipertanggung jawabkan,” ujar Willty dalam keterangan persnya di Jakarta

“Khususnya di sisi batereinya serta komponen umum lainnya seperti ban dan kelengkapan asesoris lainnya misalnya di sepeda atau sepeda motor listrik meliputi spion, lampu sign, lampu depan dan belakang,” tambahnya.

Sepeda Motor Listrik tentunya dengan cara penggunaan yang tidak berbeda jauh dengan sepeda motor listrik berbahan bakar bensin, memiliki benefit dari sisi biaya operasional dimana tidak perlu lagi membeli bensin dan biaya perawatan yang sangat murah dan sederhana lainnya seperti tanpa perlu ganti oli bulanan, tune up mesin, penggantian komponen komponen seperti busi, kampas kopling dan sebagainya. “Dan yang tidak kelah pentingnya, bonus utama berupa lingkungan yang lebih bersih, ramah lingkungan, tidak berisik dan warisan bagi anak cucu kita terhadap dunia yang lebih baik dan hijau,” ujar Willty.

Willty juga mengungkapkan jika PT Volta Indonesia Semesta sendiri sebagai salah satu industri dalam negeri yang telah memproduksi sepeda dan motor listrik di Indonesia semenjak tahun 2017, dari sisi baterei memilih komponen yang telah menerapkan Standard Quality ISO 9001, ISO 14001, GB/T-28001, CE, ROHS dan untuk ban menggunakan produk dalam negeri yang telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). “Namun tentunya ini semua belum cukup, kami akan terus meningkatkan kwalitas dan jaminan keselamatan dengan mengikuti Sertifikasi SNI 8613:2018, ISO 13063:2012 tentang “Moped dan sepeda motor berpenggerak listrik – Spesifikasi keselamatan” yang sudah kami canangkan di tahun 2021,” tegas Willty.

“Selain sebagai bentuk dukungan terhadap penerapan SNI, kampanye kendaraan lsitrik di Indonesia Quality Expo 2020 ini juga sejalan dengan semangat Perpres No 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan,” ungkap Willty.

Komitmen tersebut dibuktikan dengan secara terus menerus menambah jaringan layanan Volta dimana saat ini sudah berdiri di hampir semua Kabupaten dan Kota di Pulau Jawa, dan beberapa kota di luar Pulau Jawa seperti di Banjarmasin, Pontianak, Lampung, Makassar, Gorontalo, Bali, Lombok dan Merauke.

Volta sendiri terus mengembangkan lini produk yang menggunakan elektrifikasi, disamping Sepeda Listrik yang sudah dikenal masyarakat umum, sekarang Volta juga mulai merambah ke Sepeda Motor Listrik Roda dua, Sepeda Motor Listrik Roda 3, Alat Angkutan Listrik Khusus (yang dapat digunakan di dalam area Pabrik, Perkebunan, Pertambangan dan lain lain.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5538 seconds (0.1#10.140)