alexametrics

Kebanjiran Isu Keamanan, Zoom Terus Bebenah Diri Optimalkan Aplikasi

loading...
Kebanjiran Isu Keamanan, Zoom Terus Bebenah Diri Optimalkan Aplikasi
Aplikasi zoom. FOTO/ Ist
JAKARTA - Pandemi COVID-19 membuat aplikasi Zoom naik daun. Belakangan, Zoom mengklaim jumlah pengguna aktif hariannya menembus 300 juta di seluruh dunia. Tentu menjadi pencapaian yang sangat menggembirakan.

Meski meroket, platform penyedia layanan konferensi video ini menimbulkan banyak isu celah keamanan. Salah satunya adalah Zoom tidak menggunakan sistem keamanan enkripsi end to end.



Padahal, sistem keamanan komunikasi digital ini dirancang agar orang yang menerima pesan atau konten hanya orang berhak menerimanya saja. Perihal ini menimbulkan banyak perbincangan yang khawatir tentang data mereka.

Meski demikian, angka pengguna Zoom nyatanya terus meningkat. Aplikasi yang didirkan oleh Eric Yuan ini terus berbenah diri. Yang terbaru, Zoom membeli start up bernama Keybase, untuk menyematkan mode enkripsi end to end pada layanannya.



Akan tetapi, mengutip dari Phone Arena, pengguna yang bisa mendapat layanan tersebut hanyalah yang berlangganan. Pengguna harus membayar mulai dari USD14,99 atau sekitar Rp224 ribu per bulannya untuk mendapat layanan ini.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak