Hati-hati Kabel di Skutik ini Jadi Favorit Gigitan Tikus

Rabu, 18 November 2020 - 14:00 WIB
loading...
Hati-hati Kabel di Skutik ini Jadi Favorit Gigitan Tikus
Fitur side stand switch banyak ditemukan di berbagai skutik modern. Hanya saja kabel side stand switch kerap digigit tikus karena skutik jarang digunakan. Foto / IST
A A A
JAKARTA - Punya skutik yang lama tidak dipakai dan tiba-tiba tidak bisa dinyalakan? Jangan langsung menduga kalau aki skutik yang jadi masalah. Kebanyakan justru bukan karena aki yang menyebabkan hal itu terjadi.

Oman Surachman, mekanik Honda dari dealer Wahana Makmur Sejati (WMS) mengatakan tikus paling sering menggigit kabel side stand swicth skutik. Gara-gara kabel side stand swicth putus alhasil skutik sama sekali tidak bisa dinyalakan. (Baca juga : Ini Dia Wajah Terbaru Honda Civic yang Jauh Lebih Mewah dan Keren )

Hati-hati Kabel di Skutik ini Jadi Favorit Gigitan Tikus


Side stand switch sendiri adalah fitur pengaman yang akan memutus sistem pengapian di motor ketika standar samping diturunkan. "Banyak orang menduga karena aki, padahal itu karena tikus menggigit kabel side stand switch. Saya juga tidak mengerti kenapa tikus itu paling sering menggigit kabel ini," kata Oman Surachman.

Agar peristiwa gigitan kabel tidak terulang, Oman Surachman mengatakan posisi kabel side stand swicth bisa digeser ke lokasi yang berbeda. Menurut Oman Surachman, solusinya sebenarnya cukup mudah. "Gampang, tinggal disambung saja kabel side stand switchnya yang putus, enggak harus diganti," pungkasnya. (Baca juga : Hasil Riset : Pameran Mobil Masih Relevan Buat Konsumen )

Kalau memang tidak bisa jangan memaksakan diri karena memang saat ini beberapa pabrikan motor memang memiliki bantuan khusus untuk keperluan darurat. Seperti Wahana Makmur Sejati (WMS) yang memiliki layanan Wahana Help yang siap membantu pengguna sepeda motor Honda yang motornya mengalami masalah. Termasuk masalah gigitan tikus di kabel side stand switch.

Terakhir biar motor terhindar dari tikus, sebaiknya ketika memarkir motor pastikan keadaan parkiran bersih dan tidak ada sampah. Selain itu bisa mencoba dengan meletakkan kapur barus yang ditumbuk, agar tikus tidak masuk ke dalam motor.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0896 seconds (0.1#10.140)