Ini Cara Mudah Menemukan Handphone Android yang Hilang

loading...
Ini Cara Mudah Menemukan Handphone Android yang Hilang
Ada cara untuk melacak smartphone yang hilang selain melaporkan ke pihak kepolisian. Kecanggihan teknologi sangat membantu merealisasikan hal tersebut. Foto/Ist
JAKARTA - Handphone merupakan perangkat yang sulit dipisahkan dari kehidupan manusia saat ini. Banyak kebutuhan telah tersedia hanya dalam satu genggaman. Berbagai produsen ponsel cerdas juga menawarkan keunggulan untuk menarik minat konsumennya.

Namun, pengguna juga kerap lalai dalam menjaga ponsel miliknya. Kasus kehilangan handphone pun tak sedikit yang bermunculan. Banyak faktor yang membuat hilangnya smartphone. Bisa karena tercuri atau tertinggal di suatu tempat. (Baca juga: 53 Kali Beraksi, Pencuri Handphone di Pasar Induk Kramat Jati Dibekuk)

Tetapi khusus perangkat Android, ada cara untuk melacak smartphone yang hilang selain melaporkan ke pihak kepolisian. Kecanggihan teknologi sangat membantu merealisasikan hal tersebut. Berikut dua cara yang diungkap laman Cnet, Rabu (18/11/2020).

Fitur Temukan Perangkat Saya
Cara pertama menggunakan fitur "Temukan Perangkat Saya". Dengan fitur ini, pengguna smartphone bisa melacak keberadaan perangkat miliknya, menguncinya, dan menghapus data-data yang tersimpan dari jauh.



Fitur Temukan Perangkat Saya bisa diaktifkan dengan masuk ke Pengaturan, lalu ke Keamanan & Lokasi, dan pilih Temukan Perangkat Saya.

Tetapi jika perangkat yang hilang tidak memiliki opsi Keamanan & Lokasi, bisa dengan membuka Google, masuk ke opsi Keamanan, lalu pilih Temukan Perangkat Saya. Jangan lupa untuk memastikan fitur Temukan Perangkat Saya dalam keadaan aktif.

Find My Mobile
Khusus perangkat Samsung, selain menggunakan layanan dari Google, bisa juga menggunakan fitur Find My Mobile yang tersedia di perangkat asal Korea Selatan itu. Fitur ini bisa menjadi opsi cadangan yang dapat digunakan untuk melacak ponsel yang hilang



Melalui layanan di Samsung ini, pengguna bisa melakukan hal-hal seperti memaksa cadangan jarak jauh atau melihat apakah seseorang telah menukar kartu SIM yang digunakan pada perangkat. Hal ini tentu sangat berguna bila ponsel tersebut hilang karena dicuri.

Cara menggunakannya cukup mudah, masuk Pengaturan, lalu buka Biometrik dan keamanan, kemudian pastikan Find My Mobile diaktifkan. Jika masuk ke akun Samsung selama penyiapan perangkat awal, Find My Mobile seharusnya sudah diaktifkan otomatis. (Baca juga: Viral Petisi Facebook Larang Unggahan Terkait Habib Rizieq, Kominfo Buka Suara)
(iqb)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top